Breaking News

150 Sapi di Langgudu Dikembangkan Melalui IB

Kepala UPT Dinas Peternakan Kecamatan Langgudu, Ir Sunarto. Foto Prem

Bima, Berita11.com— Sebanyak 150 sapi di Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima dikembangkan melalui Inseminasi Buatan (IB) program gerakan serentak (Gertak) Birahi. Pengembangbiakan dilaksanakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Peternakan Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima pada kelompok ternak Karya Abadi Desa Doro O’o.

Kepala UPT Dinas Peternakan Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima, Ir Sunarto, menjelaskan, IB atau kawin suntik bertujuan untuk meningkatkan produktifitas ternak khususnya di Kecamatan Langgudu. “Mudah-mudahan melalui program ini populasi ternak semakin meningkat. Kelompok ternak juga sangat antusias mengikuti program ini,” katanya kepada Berita11.com di Langgudu, Senin (21/9).

Sejumlah desa yang menjadi target program IB yaitu kelompok ternak Doro Oo dengan target populasi 110 ekor, Waworada 5 ekor, Karumbu 20 ekor, dan Rupe 15 ekor. “Masyarakat terlihat antusias karena kegiatan tersebut tidak dipungut biaya. Program ini kami gratiskan sehingga alhamdullah masyarakat cukup antusias,” imbuh Sunarto

Selain UPT Dinas Peternakan, sejumlah pihak terlibat dalam melaksanakan program tersebut yaitu pimpinan pusat kesehatan hewan, dokter hewan, para medis dan seorang inseminator. Program pengembangbiakan hewan buatan ini diharapkan menjadi salahsatu alternatif guna menambah produktifitas dan meningkatkan populasi sapi di wilayah Langgudu.

“Setelah ini kami berharap produktifitas ternak di Langgudu meningkat. Untuk mendukung program swasembada daging sapi di NTB,” tambah Sunarto.



Reporter: Prem 

Baca Juga :

No comments