Breaking News

Kecamatan Woha Juara Kareku Kandei FTB

Peserta Festival Teluk Bima Saat Mengikuti Lomba Kereku Kandei di Pantai Kalaki, Minggu (13/9). Foto Prem

Bima, Berita11.com— Kecamatan Woha berhasil keluar sebagai jawara lomba kareku kandei dalam Festival Teluk Bima yang dihelat di Pantai Kalaki Desa Panda Kecamatan Palibelo, Minggu (13/9) lalu. Kandei adalah alat tradisional yang digunakan untuk penumbuk padi.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bima, Abdul Haris, S.Sos mengatakan lomba kareku kandei merupakan salahsatu kegiatan yang sengaja digelar dengan mengadaptasi kebiasaan masyarakat Bima tempo dulu. Tujuannya agar tradisi itu tidak memudar dari ingatan masyarakat.

“Lomba ini untuk bertujuan mengigatkan kembali tradisi Bima masa kesultanan. Sekarang semua sudah pakai mesin. Nah lewat lomba tersebut masyarakat diharapkan bisa mengenangnya kembali,” ujarnya.

Peserta lomba mewakili kecamatan masing-masing. Aspek penilaian pemenang berdasarkan hasil bunyi saat menumbuk kandei. Tahun ini, Kecamatan Woha menjadi jawara untuk lomba tersebut. “Juara pertama diraih Kecamatan Woha. Ini objektif, sesuai penilaian juri,” ujarnya.

Festival Teluk Bima telah menjadi agenda tahunan Disbudpar. Ini kali kedua, objek wisata pantai Kalaki menjadi lokasi kegiatan. Disbudpar berencana memusatkan semua kegiatan pada pantai yang dikenal dengan keindahan pasir putihnya sehingga menjadi destnasi wisata unggulan. “Rencananya, semua kegiatan akan difokuskan di sana untuk promosi tujuan wisata,” katanya.

Selain lomba kareku kandei, iven Festival Teluk Bima juga dimeriahkan parade puluhan sampan. Lomba menangkap bebek dan lomba renang bagi anak-anak. Kegiatan tersebut disaksikan jubelan warga dan sejumlah pejabat beberapa SKPD di Kabupaten Bima.

Pantaun Berita11.com, sejumlah peserta FTB tampak antusias mengikuti lomba yang disiapkan Dishubpar. Beberapa warga lain dan anak-anak datang khusus untuk menyaksikan langsung kegiatan rutin Dishubdpar tersebut.


Reporter: Prem/Abdul Hamid/ (Advetorial)

Baca Juga :

No comments