Breaking News

Lima Orang CPNS K2 Kota Bima Dicoret

Kepala BKD Kota Bima, Drs H Muhtar Landa MH. Foto Ist

Kota Bima, Berita11.com— Sebanyak lima orang dari 412 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) jalur kategori dua (K2) Kota Bima yang dinyatakan lulus, dicoret karena beberapa sebab. Apa saja penyebabnya?

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Bima,  Drs H Muhtar Landa MH, menjelaskan, lima orang CPNS K2 yang dicoret karena meninggal dunia. Sisanya karena terbukti memanipulasi persyaratan administasi. “Ada yang meninggal, yang dicoret rata-rata yang ijazah yang diperbarui tanggal dan tahun lahirnya. Ada yang masih muda dikasi tua, ada yang tua dikasi muda. Kalau dikonversikan dengan buku induk ternyata dicoret-coret,” kata Muhtar di BKD Kota Bima, Kamis (17/9).

Meskipun saat ini regulasi tentang CPNS termasuk yang mengatur batas umur pengangkatan jalur K2, sukarela atau honorer daerah maksimal 35 tahun masih digodok oleh DPR RI. Namun sejak tahun lalu, pemerintah sudah menerapkan batas umur K2 jalur umum untuk diangkat sebagai CPNS maksimal 35 tahun. “Kemarin maksimal 35 tahun K2 yang umum. Artinya, yang melebihi umur itu tidak akan diproses,” katanya.

Mengenai regulasi baru, apakah sudah dibreakdown hingga daerah, BKD akan menunggu surat resmi dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Men PAN RB).



Reporter: Fachrunnas

Baca Juga :

No comments