Breaking News

Mahasiswa Bima Memiliki Kompetensi, tapi Dosen?

Akademisi STKIP Taman Siswa Bima, Yusiran SSi, MPd. Foto Hamid

Bima, Berita11.com— Mahasiswa sejumlah kampus di Bima memiliki kompetensi yang baik. Bahkan potensi untuk mengikuti sejumlah lomba tingkat nasional. Hanya saja, perlu ditunjang kreativitas dan motivasi dari dosen. Demikian pendapat Akademisi STKIP Taman Siswa Bima, Yusiran, S.Si., MPd.

Menurut Ketua Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Taman Siswa Bima ini, kompetensi mahasiswa di Bima setidaknya dilihat dari sejumlah lomba tingkat lokal yang digelar selama ini. Kampus-kampus di Bima perlu mengutamakan Sumber Daya Manusia (SDM) andal yang memiliki kompetensi mumpuni.

“Sebenarnya kompetensi mahasiswa di Bima tidak kalah dengan daerah lain. Bahkan kalau untuk lomba tingkat nasional bisa diikuti oleh mahasiswa di Bima. Idealnya seorang dosen harus memaksimalkan potensi dengan mengembangkan ide. Pola dan metode pembelajaran berkualitas harus diaplikasikan pada mahasiswa,” ujar alumnus Universitas Negeri Makasar ini.

Agar mahasiswa terus meraih prestasi, dosen harus menyediakan wadah bagi mahasiswa mengembangkan diri. Tidak hanya di dalam lingkungan kampus, tetapi juga di luar itu. Untuk itu, perlu dedikasi dan kesungguhan hati seorang dosen sebagai navigatornya melalui program-program dan membangun kejasama tim sehingga lebih solid. “Salahsatu program yang bisa diterapkan Program Kreativitas Mahasiswa atau PKM,” imbuh suami Drg. Rabiatul Aulia yang baru didaulat sebagai Dosen Teladan STKIP Taman Siswa Bima Tahun 2015 ini.

Yusiran memulai karir sebagai dosen STKIP Taman Siswa Bima sejak tahun 2008 lalu. Sebelumnya, saat menjadi mahasiswa, ayah dari Khadijah Nur Hafidzah ini aktif di sejumlah organisasi seperti LDK, KAMMI, BEM, LKM, dan Himpunan Mahasiswa Geofisika Indonesia. Dia juga tercatat pernah menjadi pemateri saat seminar Fisika Nasional dan Terapan di Universitas Airlangga Surabaya.



Reporter: Abdul Hamid

Baca Juga :

No comments