Breaking News

KPU Jamin Personil KPPS tak akan Disisipi Tim Paslon

Proses Pemungutan Suara di TPS Saat Pilpres Lalu. Foto Hamid

Bima, Berita11.com— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menjamin personil Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan melaksanakan kegiatan pemugutan suara di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) tidak akan disisipi oleh tim pasangan calon.

Anggota KPU Kabupaten Bima Muhammad Waru SH., MH, mengatakan, untuk menjamin Pilkada yang berintegritas dan penyelenggara yang independen, proses seleksi akan dilaksanakan secara ketat. Sesuai jadwal, pendaftaran dan penyerahan berkas calon anggota KPPS mulai tanggal 1 hingga 5 Oktober 2015. Kemudian dianjutkan pemeriksaan berkas oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) 14-17 Oktober.

“Perpanjangan waktu pendaftaran akan dilakuan apabila pendaftar kurang dari tujuh orang. Kemudian inti dari semua proses itu finis atau pelantikan KPPS dilaksanakan 10 November mendatang,” katanya kepada wartawan di Media Center KPU Kabupaten Bima, Jumat (2/10).

Dikatakannya, pengumuman pendaftaran KPPS susah ditempel di setiap kantor desa. Sesuai ketentuan Undang-Undang Pilkada dan Perturan KPU  terkait itu, jumlah personil KPPS sebanyak tujuh orang untuk setiap PPS, sedangkan personil pengaman (Pam TPS) sebanyak dua orang. Personil itu akan direkrut dan ditunjuk oleh Pemerintah Kabupaten Bima. “Untuk personil PAM itu diatur oleh Pemkab yang rekrut dan latih,” katanya.

Baca Juga:




Selain proses seleksi ketat berkas dan pemeriksaan detail sepak terjang calon anggota KPPS. KPU menyaratkan kepada setiap calon anggota KPPS mengisi sejumlah surat pernyataan di antaranya tidak pernah menjadi anggota atau pengurus Partai Politik atau sebagai tim sukses Paslon yang terdaftar dalam SK. Hal itu untuk menjamin penyelenggara yang direkrut bukan sisipan Paslon. “Untuk lebih lanjut kaitan rekruitmen KPPS, juga bisa diakses melalui situs KPU Kabupaten Bima,” katanya.


Reporter: Fachrunnas



Baca Juga :

No comments