Breaking News

Pj Bupati Bima “Komporin” Petani Bawang Merah

Penjabat Bupati Bima, Drs Bachrudin MPd

Bima, Berita11.com— Penjabat Bupati Bima Drs Bachrudin MPd memompa semangat petani bawang merah. Secara nasional, Kabupaten Bima ditargetkan menjadi salahsatu daerah sentra penghasil benih padi, jagung, dan kedelai (pajale).

“Bima sangat bagus untuk bercocok tanam pajale karena didukung tanah yang subur serta areal tanam yang masih luas. Selain itu, kemampuan para petani di Kabuapten Bima tentunya pasti mampu menciptakan bibit-bibit pajale,” katanya saat panen raya komoditi kadelai di So Mbanggu Desa Desa Madapangga Kabupaten Bima, Jumat (17/10) lalu.

Bachrudin berharap petani Bima mampu menciptakan benih-benih pertanian unggul. Tidak lagi bergantung benih dari luar negeri. “Sehingga masyarakat tani yang ada. Bahkan secara nasional hanya membeli benih dari Bima,” harapnya.

Untuk mewujudkan Kabupaten Bima sebagai salahsatu sentra benih pajale, Pemkab Bima akan selalu memerhatikan kebutuhan petani.  Di antaranya melalui peluncuran sejumlah program pertanian. “Kami harap kelompok tani saat ini yang telah berhasil bisa menularkan pengetahuanya kepada petani lain, sehingga hasil panen nantinya bisa berhasil dengan baik,”  tambahnya.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (Dispertapa) Kabupaten Bima Ir Muhammad Tayeb mengatakan, beberapa tahun terakhir program pertanian yang digulirkan pemerintah meningkat. Sejumlah program itu di antaranya  upaya khusus (Upsus) komoditi
Kedelai dan bawang merah. Anggaran beberapa program mencapai miliaran rupiah. 

“Tahun 2016 nilai bantuan dalam bentuk program akan terus ditingkatkan. Ini merupakan upaya pemerintah memacu petani meningkatkan hasil pertanian,” ujarnya.

 Kegiatan panen raya di Madapangga dihadiri sejumlah pejabat Pemkab Bima, pimpinan BUMD dan BUMD seperti dari Bank Indonesia, Bank Negara Indonesia, perwakilan Bank Pembangunan Daerah, anggota legislatif, BPTP Provinsi NTB, Muspida dan para Kepala UPTD.


Repoter: Ory Sila 

Baca Juga :

No comments