Breaking News

Sikapi Renstra Dikti, Ini Program Unggulan STKIP Tamsis

Berada Merupakan Salah Satu Moto Kampus STKIP Taman Siswa Bima. Foto FS

Bima, Berita11.com— Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima merupakan salahsatu kampus yang berkomitmen meningkatkan mutu pendidikan. Beberapa program unggulan disiapkan kampus ini. Apa saja?

Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun, M.Si, menyebutkan, beberapa upaya peningkatan mutu yang dilaksanakan kampus setempat di antara melalui pemberian biaya dari yayasan untuk kegiatan penelitian dosen. Belum lama ini, 10 proposal dibiayai kampus.  Selain itu, kampus melaksanakan kegiatan pekan olahraga dan seni (Porseni) mahasiswa, sejumlah lomba seperti debat bahasa Inggris, lomba baca puisi bahasa Inggris.  

“Kami mulai menata, membangun iklim ilmiah di kampus. Terutama satu bulan terakhir ini  sudah banyak kegiatan yang dilaksanakan  misalnya Porseni untuk mahasiswa. Ada lomba pidato bahaa Inggris, lomba baca puisi dalam bahasa Inggris dan lainnya,” katanya kepada Berita11.com di kampus STKIP Taman Siswa Bima, Sabtu (17/10).

Selain kegiatan tersebut, program lain yang dilaksanakan mengubah mindset dan paradigma mahasiswa dari pola gerakan menjadi budaya menulis. Untuk mendukung program tersebut STKIP Taman Siswa Bima, juga mengagendakan seminar jurnalistik yang akan ditindaklanjuti dengan workshop dan pelatihan menulis. Kegiatan itu akan melibatkan penggiat jurnalistik.

“Kita mengajak supaya bisa menjadi energi bersama untuk mengubah paradigama dari pola gerakan menjadi paradigma membaca dan tulis. Ini yang sedang kita bangun ini rangkaian tahun 2014 dan 2015,” katanya.

Ibnu menjelaskan, rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan dan program yang sudah disusun merupakan bentuk komitmen kampus STKIP Taman Siswa Bima mendukung rencana strategis (renstra) Direktorat Pendidikan Tinggi dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Belum lama ini, kampus setempat juga melaksanakan program pemilihan dosen terbaik dan pengiriman mahasiswa mengikuti olimpiade sains di Denpasar Bali.  “Tujuan kita berkompetisi di tingkat regional dan nasional. Menjawab Renstra Dikti untuk peningkatan mutu,” katanya.

Secara terpisah, alumnus STKIP Taman Siswa Bima, Abdul Hamid, optimis kampus setempat bisa berdaya saing dengan perguruan tinggi lain di Indonesia. Selama ini, STKIP Taman Siswa merupakan salahtu kampus yang memiliki komitmen tinggi meningkatkan mutu pendidikan. 

“Kita yakin kampus punya komitmen bagus akan menghasilkan output berkualitas. Kami mendukung dan mendorong kemajuan dunia pendidikan, karena melalui bidang ini IPM di daerah juga bisa didongkrak,” ujar Junior Editor Berita11.com/ wartawan majalah bahasa Inggris Fortuna  yang juga aktif sebagai anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Mataram ini.



Reporter: Fachrunnas

No comments