Breaking News

Umar: tak ada Satupun Pelanggaran Pilkada yang tidak Ditangani Panwas

Anggota Panwas Kabupaten Bima, Drs Umar. Foto Prem

Bima, Berita11.com— Panitia Pengawas (Panwas) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bima menegaskan bahwa setiap pelanggaran selalu ditangani oleh penyelenggara setempat. Tak ada satupun pelanggaran yang dibiarkan lewat tanpa proses.

Hal tersebut dipertegas Devisi Pengawasan dan Penindakan Pelanggaran Panwas Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bima, Drs Umar. “Sudah maksimal, tidak ada satupun kasus yang kami lakukan pembiaraan terhadap itu. Bahkan dalam proses kampannye yang sedang berjalan ini, melibatkan massa dari luar zona, kitapun sudah melakukan tindakan-tindakan,” katanya menjawab Berita11.com di Sekretariat Panwas, Senin (19/10).

Mantan pengajar di SMP Muhammadiyah Bolo ini menyebutkan, sejumlah pelanggaran yang ditangani Panwas setempat di antaranya berkaitan administrasi dan tindak pidana. Salahsatunya rekomendasi proses terhadap 25 orang PNS kepada Bupati Bima. “Ada pelanggaran Tipilu baru satu kasus, itu belum terpenuhi syaratnya makanya sudah kita tentukan statusnya. Status itu sudah kita umumkan kepada publik karena tidak terpenuhi syarat,” jelasnya.
Berkaitan dengan upaya mendorong pencerdasan pemilih, Panwas jelas Umar, juga melaksanakan serangkaian kegiatan sosialisasi dengan melibatkan Panwas Kecamatan dan Pengawas Pemilihan Lapangan. “Terkait upaya mencerdaskan pemilih, baru-baru ini Bawaslu turun sudah tiga kali. Tindaklanjut kami dari Panwas, kita memberikan apresiasi tinggi kepada Bawaslu memberikan sosialisasi kepada masyarakat,” katanya.

Menurut Umar, menciptakan Pilkada damai dan berkualitas maupun mendorong pemilih cerdas bukan saja tanggunjawab Panwas, namun perlu kerja keras dan peran bersama dari pemangku kepentingan (stake holder) yakni pemerintah dan masyarakat. Selama ini untuk mengantisipasi konflik, Panwas sudah melakukan pemetaan  sejumlah titik rawan konflik dan pelanggaran.



Reporter: Abdul Hamid/Fachrunnas

Baca Juga :

No comments