Breaking News

ini Pengembangan Wisata di Bagian Utara Kabupaten Bima

Unik, Pulau Ular di Kabupaten Bima Menjadi Daya Tarik Wisatawan. Foto Ist

Bima, Berita11.com— Pengembangan pariwisata di Kabupaten Bima tidak hanya terfokus pada satu titik saja. Sejak awal tahun Pemerintah Kabupaten Bima mendorong pengembangan wisata laut di bagian Utara mulai dari Kecamatan Ambalawi, Kecamatan Wera dan Sape.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bima, Drs Syafruddin, mengatakan,  ke depan pengembangan pariwisata tidak hanya terfokus pada satu titik. Namun seluruh potensi akan dikembangkan oleh pemerintah sehingga bernilai jual. “Saat ini kami mendorong juga pariwisata untuk wilayah Utara, karena di sana ada andalan kita Pulau Ular,” katanya kepada Berita11.com di Disbudpar, Senin (6/6/2016).

Dikatakannya, beberapa upaya terus dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kunjungan ke Bima. Wisata sejumlah pulau di bagian Utara dan Timur Bima akan menjadi satu paket wisata meliputi Pulau Sangiang, Pulau Ular, Gili Panda, Pulau Kelapa, Nisa Mbe’e. “Kita berupaya agar wisatawan mancanegara ini tidak perlu lagi ke Pulau Komodo karena mungkin pertimbangan biasa, sehingga kita kemas dalam satu paket. Pulau-pulau di Bima memiliki keunikan dan keindahan, misalnya saja pulau Kelapa itu malah kalah Raja Ampat Papua,” katanya.

Pengembangan wisata di bagian Utara mulai masif, selain oleh pemerintah juga dibantu pihak swasta. Salahsatu bule asal Jerman mengembangkan paket wisata Pulau Ular, Snorkling, scuba diving. Selain itu WNA tersebut sudah membeli tanah di Desa Poja Kecamatan Sape dan membangun home stay (penginapan) model  tradisional khas Bima.

“Kita salut apa yang dilakukan warga Jerman itu, dia sudah membeli tanah di sana dan membangun penginapan dengan model konstruksi Bima. Dia juga membuat situs, sehingga potensi wisata di bagian Utara  Bima semakin dikenal hingga luar negeri,” ujar Syafruddin.

Reporter: Fachrunnas/ Toni

No comments