Breaking News

Dorong KIP, Pemdes Bajo Alokasikan Rp10 Juta untuk Website

Aktivitas Aparatur Pemerintah Desa Bajo. Saat ini Pemdes Setempat Menyiapkan Website Desa
Bima, Berita11.com— Pemerintah Desa Bajo Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima berkomitmen melaksanakan Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan seluruh regulasi turunannya. Bentuknya, pemerintah desa setempat mengalokasikan anggaran Rp10 juta dalam APBDes untuk pembuatan website desa.

Kaur Pelalaporan dan Dokumentasi Pemerintah Desa Bajo, Jia Ulhak, S.Pd, menjelaskan komitmen pemerintah setempat terhadap KIP diawali dengan pembuatan website desa yang sekaligus memuat data induk (data base) SOP dan segala informasi publik. Paket tersebut sekaligus sambungan internet tanpa kabel (wifi).

“Pemdes sudah mengalokasikan 10 juta untuk pengadaan situs desa dan wifi yang bisa diakses masyarakat lewat internet,” ujarnya kepada Berita11.com, Selasa (19/4/2016). Selain itu kata dia, secara manual Pemdes juga akan menyediakan papan informasi yang berisi realisasi kegiatan bagi warga yang belum memahami cara mengakses internet.  

Saat ini Pemdes masih menunggu pencairan APBdes tahap pertama untuk merealisasikan rencana tersebut. “Kami masih menunggu pencairan dana desa tahap petama,” imbuhnya.

Sesuai Undang-Undang Desa Nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa, Pasal 24 salahsatunya menekankan asas penyelengaraan pemerintah desa bersifat transparan. Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 Tentang KIP juga menjamin publik untuk memperoleh informasi publik termasuk yang berkaitan dengan rencana dan penggunaan ADD. (ID)

No comments