Breaking News

Pasar Raya Ama Hami Diresmikan Presiden

Pedagang dan Warga Bima Berebutan Menyalami Presiden Jokowi Usai Peresmian Pasar Ama Hami. Foto US
Kota Bima, Berita11.com— Presiden RI Ir H Joko Widodo meresmikan pasar raya Ama Hami, Jumat (29/4/2016) siang. Peresmian pasar ditandai penekanan tombol sirine oleh Presiden didampingi Wali Kota Bima H Qurais H Abidin, Gubernur NTB, Dr Zainul Majdi MA.

Presiden Jokowi memuji kebersihan dan penataan pasar raya Ama Hami Kota Bima. Kondisi tersebut berbeda dengan sejumlah daerah lain di Indonesia. Pemindahan pedagang dari pasar tradisional lama ke pasar semi modern Ama Hami diharapkan memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat.

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perdagangan akan mengalokasikan anggaran untuk pengembangan pasar Ama Hami sehingga 500 pedagang yang belum memperoleh tempat bisa tertampung.

Gubernur NTB TGH Zainul Majdi mengatakan, pasar Ama Hami merupakan salah satu dari 15 pasar di Kota dan Kabupaten Bima. Selamai ini Kota Bima merupakan salah satu daerah yang menyuplai kebutuhan komoditas nasional.

“Pernah ketika Jabodetabek kekurangan bawang merah. Bahkan bapak Menteri Pertanian bapak Amran pernah datang kemari langsung membawa dan memborong hasil bawang merah dari para petani Bima. Alhamdulillah setelah itu diberikan bantuan-bantuan subsidi. Alhamdulllah sekarang produksi bawang merah di Kabupaten Bima terus meningkat,” papar Gubernur Zainul Majdi.


Selain Presiden Jokowi, acara peresmian pasar raya Ama Hami juga dihadiri Menteri Pedagangan Thomas Trikasi Lembong, Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan, Gubernur NTB, Muspida NTB, Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi RI Anwar Usman, Anggota DPR RI Dapil NTB, dan sejulah pejabat daerah. Kegiatan juga peresmian juga dihadiri perwakilan dari unsur masyarakkat.  (US/*)

No comments