Breaking News

Sebagian Tanah di Tambora Merupakan Lahan Konservasi dan Destinasi Wisata Dunia

Menteri LH dan Kehutanan, Nurbaya Saat Menyampaikan Sambutan Pada Festival Pesona Tambora
Bima, Berita11.com— Puncak festival tahunan di padang savana gunung Tambora Sabtu (16/4/2016) lalu mengangkat tema Pesona Tambora 2016 yang dipusatkan di Doro Ncanga Dompu dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Siti Nurbaya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Wakil Ketua DPD RI Prof.Dr. Farouk Muhammad,  Gubenur NTB Dr. TGH. Zainul Majdi, Wagub NTB, Bupati dan Wakil Bupati Bima, Wakil Walikota Bima, Bupati Dompu dan FKPD Se-NTB.

Nurbaya mengatakan, letusan dahsyat Gunung berapi Tambora tahun 1815 telah membawa hikmah luar biasa bagi masyarakat di pulau Sumbawa antara lain wilayah bekas letusan itu menjadi taman nasional yang saat ini luasnya mencapai  7.164 Hektar sebagai lahan konservasi dan  destinasi wisata dunia.

Nurbaya berharap agar warga kabupaten Bima dan Dompu menjaga kelestarian objek yang sudah terkenal sampai mancanegara ini. Karena dengan lestarinya alam di Tambora maka berbagai pertunjukan seperti tarian dan beragam kesenian dapat ditampilkan pada setiap festival.

Pada kesempatan puncak acara pesona Tambora 2016, Gubernur NTB DR. TGH.Zainul Majdi, MA menjelaskan, peringatan letusan gunung Tambora melalui festival dimaksudkan agar masyarakat NTB menjaga keberadaan dan melestarikan kawasan Tambora dari generasi ke generasi agar tidak terjadi penurunan kualitas lingkungan terutama vegetasi dan satwa memiliki habitat di kawasan Tambora. 

Sementara itu , Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri di sela-sela acara mengatakan bahwa festival bambu pesona Tambora tahun ini merupakan wahana penting dalam melestarikan kekayaan sumber daya alam kawasan Tambora dan juga melestarikan seni budaya tradisional masyarakat di pulau Sumbawa, baik yang bermukim di Kabupaten Bima maupun Dompu. (ZN)

No comments