Breaking News

Sosialisasi KB Menyasar Pesisir Hingga Desa Terpencil di Pegunungan

Ilustrasi Keluarga Berencana, Dua Anak Sudah Cukup.

Bima, Berita11.com— Pemerintah Kabupaten Bima melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) terus berupaya menekan laju pertumbuhan penduduk. Salah satu upaya itu adalah dengan sosialisasi intens yang dilakukan Tim Keliling Keluarga Berencana (TKBK).

Kepala BPPKB Kabupaten Bima, Drs H Arifuddin, mengatakan, salah satu sasaran utama TKBK yaitu masyarakat kelas menengah ke bawah di kampung pesisir hingga desa terpencil di pegunungan. Tingkat pendidikan dan kondisi ekonomi masyarakat kelas bawah merupakan tantangan untuk pencapaian partisipasi program KB.

“Saat ini kita fokus melanjutkan program kampung KB dan program TKBK. Angka pemahaman KB dalam masyarakat kelas menengah ke bawah masih rendah. Itu yang menjadi perhatian kita sekarang,” katanya kepada Berita11.com di BPPKB, Selasa (26/4/2016).

Ia menyebutkan, hingga kini laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Bima masih tinggi. Setiap tahun ada penambahan 4000 lebih jumlah penduduk baru. Beberapa kendala yang dihadapi untuk pengembangan program KB karena partisipasi pihak terkait berkurang.

“Sekarang ini berbeda dengan beberapa tahun lalu. Kalau dulu program dikroyok dan dibantu beberapa pihak termasuk TNI juga terlibat membantu. Ini semua juga karena berbagai keterbatasan termasuk anggaran yang terbatas,” kata mantan Camat Tambora ini. (US)

No comments