Breaking News

Antisipasi Spekulan Saat Puasa, Disperindag Menyiapkan Pasar Murah

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bima, H Ridwan Yasin. Foto Berita11.com

Kota Bima, Berita11.com—  Dinas perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bima akan membuka pasar murah di sejumlah wilayah Kabupaten Bima guna mengantisipasi lonjakan harga komoditas kebutuhan pokok saat Ramadhan 1437 Hijriah/2016 mendatang.

Kepala Disperindag Kabupaten Bima Drs H Ridwan Yasin, mengatakan kegiatan pasar murah merupakan upaya pemerintah dalam mewaspadai kemungkinan terjadinya laju inflasi pada bulan Ramadahan. Kegiatan tersebut akan difokuskan  di beberapa titik sasaran. Salahsatunya di Kecamatan Tambora yang direncanakan dalam waktu tak lama lagi.

"Kita akan menggelar pasar murah untuk komoditas pokok. Seperti, beras, gula, minyak. Rencananya kita mulai di Tambora dan dikondisikan dengan anggaran pada wilayah lain. Bulan Ramadhan sudah pasti menyumbang inflasi jadi kita upayakan tidak terjadi,” jelas Ridwan kepada  Berita11.com di Disperindag, Selasa (31/05/2016).

Untuk menarik animo, Disperindag akan membagikan kupon kepada masyarakat. Kupon itu akan dibagi oleh Pemerintah Desa. Pemerintah memberikan subsidi 40 persen dari harga standar pasar. “Harganya sudah pasti berbeda. Itu kita subsidikan agar masyarakat lebih antusias,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, pengawasan panganan yang tidak layak konsusmsi juga akan dilakukan dengan menyasar pasar dan toko-toko. Menurutnya, Peredaran barang kedaluarsa merugikan masyarakat.

"Itu juga yang akan kita awasi. Terutama pedagang pasar dan pemilik toko yang nakal karena merugikan masyarakat,” isyarat Ridwan.

Terkait kecenderungan masyarakat yang memborong barang kebutuhan saat Ramadhan, Ia mengharapkan agar masyarakat tidak perlu terpancing dengan kabar yang belum pasti. "Asusmsi masyarakat saja yang takut tidak kebagian. Jika itu terjadi kita akan turun untuk cek langsung ke lapangan,” pungkasnya. (ID)

No comments