Breaking News

BPN Menargetkan 19.700 Sertifikat Rampung Akhir Juli


Kepala BPN Kabupaten Bima, Saad Asa SH. Foto Hamid Berita11.com

Bima, Berita11.com— Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bima menargetkan 19.700 setipikat rampung pada akhir Juli 2016. Percepatan pelayanan ini sesuai target Kementerian Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia.

Kepala BPN Kabupaten Bima, Saad Asa SH, menjelaskan total legalisasi aset  yang ditanggung Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk Kabupaten Bima sebanyak 13.700 bidang tanah.

“Prona tahun 2016 ini berjumlah 12.150 bidang. Terus, lintas sektor antara lain UKM  300 Bidang, pertanian 1000 bidang dan nelayan 250 bidang. Itu kami upayakan selesai akhir Juli ini” jelasnya kepada Berita11.com di BPN Kabupaten Bima, Rabu (11/5/2016).

Saad menjelaskan, hingga saat ini BPN telah menyelesaikan 3000  dari 6000 sertifikat yang akan dikerjakan. BPN menargetkan 10.500 sertipikat Prona tuntas hingga akhir Mei.

Sementara sisanya dikerjakan dua bulan berikutnya temasuk perampungan sertifikat Retribusi Tanah Objek Reform sebanyak 6000 bidang yang merupakan legalisasi aset dengan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“Paling tidak bulan ini sudah jadi. Juga retribusi tanah objek reform 6000 bidang dalam bulan Juni dan Juli kita selesaikan secara keseluruhan,” ujarnya.

Untuk memastikan terpenuhinya target, BPN telah menambah fasilitas penunjang kinerja seperti alat pencetak otomatis (printer). Cuaca dan kelengkapan data yuridis menjadi faktor penghambat personil BPN dalam bekerja.

Dikatkan Saat, koneksi internet yang sering terganggu juga berdampak pada sistim kerja secara online. Namun dapat diatasi dengan menggunakan fasilitas pribadi milik pegawai.
“Agar semua terpenuhi kami sudah tambah tujuh unit printer. Kendalanya pada data yuridis dan kemarin musim hujan. Jaringan yang macet juga mengganggu. Tapi bisa diatasi dengan hp,” katanya. (ID) 

No comments