Breaking News

Hingga April Realisasi PKB Mencapai Rp5,5 Milyar

Warga yang Hendak Mengurus Surat Kendaraan di Kantor UPT PDRD Raba. Foto Berita11.com

Kota Bima, Berita11.com—UPT PDRD Raba Dinas Pendapatan Provinsi NTB mencatat realisasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) untuk Kota dan Kabupaten Bima dari Januari hingga April 2016 sudah mencapai  RP5,5 miliar atau sekitar 38 persen dari seluruh target UPT setempat.

Kepala UPT PDRD Raba Dinas Pendapatan (Dispenda) Provinsi NTB, Sabirin Alam, menyebutkan total PKB untuk wilayah Kota Bima yang terealiasi hingga April lalu sebesar Rp3,2 miliar atau 34,84 persen dari target Rp9,4 milyar, sedangkan untuk wilayah Kabupaten Bima sebesar Rp2,3 miliar atau 33,49 persen dari Rp6,9 milyar yang ditargetkan.

“Itu target dan capaian kita sampai April 2016 lalu. PKB masih didominasi kendaraan roda dua,” katanya kepada Berita11.com, Selasa (17/5/2016).

Sabirin mengatakan, UPT PDRD Raba tidak hanya mengacu pada target yang ditetapakan Dispenda Provinsi NTB  yaitu triwulan pertama sebesar 15 persen, triwulan kedua  20 persen, triwulan III sebanyak 30 persen dan triwulan terakhir 35 persen.  Namun UPT setempat juga memiliki target bulanan.

“Nah untuk Oktober, November dan Desember kami sulit mencapai target 35 persen. Jadi kami buat target sendiri setiap bulan minimal delapan persen bisa dicapai,” katanya.


Sementara realisasi Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dari Kota maupun Kabupaten Bima sebesar Rp6,3 miliar dari total target Rp18 milyar. Selain itu, realisasi pendapatan lain-lain yang sah hingga per April Rp 450  dari total target Rp1,3 miliar. (ID)

No comments