Breaking News

Hingga Kini Baru Ada 1 Penyuluh Perikanan PNS di Kabupaten Bima

Kegiatan Penyuluh Perikanan. Ilustrasi/ Orginal Picture KKP.go.id

Bima, Berita11.com— Hingga kini pengembangan sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Bima terkendala beberapa masalah. Salah satunya sumber daya manusia (SDM). Sampai saat ini, baru ada satu tenaga penyuluh perikanan Pegawai Negeri Sipil.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Bima, Ir Abdullah. Kondisi tersebut sudah disampaikan kepada kepala daerah dan pemerintah pusat. Hanya saja belum ada tindak lanjut.
“Sampai sekarang ini kita baru memiliki satu penyuluh perikanan PNS. Padahal ujung tombak pertanian itu terletak pada penyuluhnya, demikian juga untuk sektor perikanan bergantung penyuluh,” katanya di BP4K, Senin (9/5/2016).

Abdullah mengatakan, selama ini tugas penyuluh perikanan PNS yang hanya berjumlah satu orang dibantu oleh penyuluh perikanan swadaya yang umumnya merupakann pelaku utama sektor perikanan yang berhasil. Padahal satu sisi pemerintah belum mampu memberikan dukungan sebagaimana mestinya.


Pada kesempatan yang sama Kepala Bidang  Mutu dan Pengolahan Hasil Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima, Agus Yudhi Ananto, A.Pi, mengatakan, di Indonesia hanya Kabupaten Bima yang memiliki satu tenaga penyuluh perikanan PNS. Kondisi tersebut setidaknya menghambat upaya pengembangan sektor kelautan dan perikanan. (US)

No comments