Breaking News

Jaga Stabilitas Harga, Pemkab Bima Berharap pada Kementan

Kabag Ekonomi Setda Kabupaten Bima, Iwan Setiawan. Foto Hamid

Bima, Berita11.com—
Pemerintah Kabupaten Bima berharap pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan) kembali menerapkan kebijakan pembelian komoditas hasil pertanian di daerah guna menjaga stabilitas harga.

“Ketika panen raya harga jatuh, petani merasa rugi. Tahun lalu Bulog ambil gabah dan beras petani. Kami harap kebijakan pak Hamdan Sulaiman itu ada lagi tahun ini,” kata Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Ekonomi Setda Kabupaten Bima, Iwan Setiawan SE kepada Berita11.com di Pemkab Bima, kemarin.

Menurut iwan, selain komoditas tanaman pangan, Kabupaten Bima merupakan salahsatu dari lima daerah penopang bawang merah di dalam negeri. Campur tangan pemerintah pusat diperlukan dalam mengakomodir hasil produksi sehingga stabilitas harga dapat terjaga.

“Sektor pertanian kita penghasil bawang merah. Komoditi tanaman holti seperti bawang merah dan cabai sudah pasti fluktuatif. Kami harap interfensi pemerintah pusat seperti kemarin,” harapnya.


Iwan mengakui sejauh ini Pemkab belum mampu menampung hasil produksi petani. Itu karena  banyaknya anggaran yang diperlukan. “Lewat BUMD belum berperan. Karena perlu modal besar. Tapi pemerintah pusat, kami yakin bisa,” katanya. (ID).

No comments