Breaking News

Kaya Prestasi Akademik dan Ekstrakuriler, SDN 1 Dena punya Kiat Khusus

Kepala SDN 1 Dena, Muhammad Saleh, S.Pd. Foto Hamid

Bima, Berita11.com—  Mencetak siswa unggul dan berprestasi merupakan hal cita-cita semua sekolah. Termasuk yang menjadi ekspektasi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Dena Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima. Sekolah setempat memiliki kia sendiri dalam mengembangkan bakat dan prestasi siswa. Apa saja?

Kepala SDN 1 Dena, Muhammad Saleh, S.Pd mengatakan, kiat yang dimiliki sekolah setempat yaitu pengembangan potensi siswa melalui program jam bintang setara yang dengan dua jam pelajaran. Kegiatan tersebut dilaksanakan satu kali dalam sepekan.

Siswa unggul dengan bakat berbeda ditempatkan pada satu ruangan yang ditangani guru khusus. Siswa juga dapat mengeksplor diri diluar ruangan. “Kami punya program, jam bintang namanya. Itu ekuivalen dua jam pelajaran dan terstruktur berdasarkan minat dan bakat siswa,” katanya kepada Berita11.com, Sabtu.

Sementara untuk mengevaluasi keberhasilan program, sekolah rutin mengadakan sejumlah lomba lokal. “Setiap dua minggu sekali kami adakan lomba cerdas cermat untuk mengevaluasi program,” ujarnya.

Dikatakannya, program tersebut merupakan hasil dari studi banding di Jogjakarta tahun 2012 lalu. Hasilnya, selama empat tahun terakhir sekolah setempat tak pernah minim prestasi. Baik  pada bidang akademik maupun ekstrakurikuler. “Hampir setiap lomba tingkat Kecamatan dan Kabupaten kami tetap juara terus,” katanya.


Saleh berharap sekolah lain mengadopsi dan menerapkan program seperti di SDN 1 Dena. “Mungkin kami satu-satunya yang punya program seperti ini di Kabupaten Bima. Kami harap bisa dicontoh oleh sekolah-sekolah lain juga,” harapnya. (ID)

No comments