Breaking News

Legislator Minta Pemdes segera Melaporkan Dampak Kegagalan Panen

Anggota DPRD Kabupaten Bima, M. Haryadin, S.Sos

Bima, Berita11.com— Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di DPRD Kabupaten Bima, M. Haryadin, S.Sos meminta Pemerintah Desa (Pemdes) segera melaporkan hasil kegagalan panen petani di masing-masing wilayah kepada legislatif. Itu untuk mengetahui realisasi penyediaan  100 ton cadangan beras oleh Pemkab Bima bagi desa dilanda dampak gagal panen.

Menurut anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bima ini  dinas terkait wajib melaporkan desa mana saja yang darurat pangan agar kebutuhan beras bagi masyarakat dapat diketahui.

“Mestinya pemerintah melalui dinas teknis melaporkan dulu desa mana saja yang gagal panen. Sehingga Bulog  bisa mengkalkulasikan berapa untuk stoknya,” katanya kepada Berita11.com di Sekretariat DPRD Kabupaten Bima, jalan Gatot Soebroto Kota Bima, kemarin
.
Menurutnya,  partisipasi masyarakat yang mengalami langsung juga diperlukan untuk mengetahui dampak kegagalan panen. Menurutnya, peran aktif masyrakat yang mengalami dampak sangat penting agar kondisi rawan pangan dapat diatasi lebih awal.

“Perlu proaktif masyarakat. Tidak hanya oleh kalangan tertentu. Masyarakat pun bisa menyampaikan laporan ril di lapangan terkait dengan keluhan-keluhannya,” katanya.

Mantan wartawan ini mengakui, peran legislator sebagai mediator aspirasi. Namun di balik itu memiliki keterbatasan akses dalam memenuhi keluhan masyarakat.  Upaya legislatif lebih mengarah memastikan pemerintah sudah memikirkan solusi dan langkah-langkah untuk menanggulangi potensi rawan pangan.

“Kita sebagai anggota DPRD juga memiliki keterbatasan jangkauan. Kalau untuk stok beras saya yakin memang pemerintah sudah mengantisipasi untuk hal seperti itu,” ujarmya. (ID) 



No comments