Breaking News

Minimalisasi Calo, Dispenda akan Terapkan Sistem Online

Sekretaris UPT PDRD Raba Dispenda Provinsi NTB, Mansyur SP. Foto Hamid Berita11.com

Kota Bima, Berita11.com—  Dinas Pendapatan (Dispenda) Provinsi NTB akan berupaya meningkatkan pelayanan publik, salahsatunya melalui upaya meminimalisasi calo. Dinas setempat akan menerapkan sistem online untuk pengecekan dan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Sekretaris UPT PDRD Raba Dispenda Provinsi NTB, Mansyur SP, mengatakan, secara bertahap sistem online akan dibangun oleh Dispenda. Selain untuk mengecek tunggakan pajak, melalui sistem itu nanti masyarakat bisa membayar tunggakan pajak melalui layanan bank, melalui ATM, internet banking.

“Arahnya ke sana untuk menghindari calo. Nanti masyarakat bisa membayar melalui bank. Tinggal datang ambil suratnya saja di Samsat,” katanya kepada Berita11.com di UPT PDRD Raba Dispenda NTB, Kamis (26/5/2016).

Tidak hanya pengecekan melalui website, pelayanan sistem online akan dilengkapi layanan SMS gateway. Dengan memanfaatkan layanan pesan singkat SMS dan mengakses database di website menggunakan smartphone masyarakat bisa mengetahui tunggakan pajak.

“Ke depan pastinya pelayanannya secara online seperti yang diterapkan Kota Surabaya. Hanya saja kan memang pengetahuan masyarakat kita di sini menggunakan Ponsel canggih beda dengan di Kota Surabaya. Apalagi masyarakat desa,” kata Mansyur.

Saat ini UPT PDRD Raba Dispenda NTB sedang berupaya merampungkan target PAD yang bersumber dari pajak kendaraan bermotor. Unit setempat sedang menyusun daftar masyarakat yang menunggak pajak kendaraan.

“Nanti kita akan tagih dan bersurat kepada masyarakat penunggak pajak kendaraan,” katanya. (US)

No comments