Breaking News

MTs Al-Mutmainnah Memastikan tak Ada Kecurangan dalam UN

Siswa MTs Al Mutmainnah Saat Mengikuti UN Hari Pertama, Senin (9/5/2016). Foto Hamid

Bima, Berita11.com—Madrasah Tsanawiah (MTs) Al-Mutmainnah Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima memastikan tidak ada kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tingkat SMP/sederajat yang akan dilaksanakan selama 9-12 Mei 2016.

Ketua Yayasan Pondok Pesantren Al-Mutmainah, Fahris S.Pd mengatakan distribusi naskah soal UN diawasi ketat oleh pihak Kepolisian bersama tim panitia pelaksana. Menurutnya, metode tersebut dinilai dapat meminimalisasi potensi praktik kecurangan.

“Soal UN kami ambil dari Polsek dan dikawal ketat. Sudah pasti tingkat kecurangannya kecil”, katanya kepada Berita11.com di Ponpes Al Mutmainnah, Senin (9/5/2016).

Dia menjelaskan, sebanyak 12 paket soal merupakan jatah untuk 52 siswa madrasyah. Setiap hari satu orang guru ditugaskan untuk mengambil dokumen negara tersebut di Mapolsek Soromandi.
“Hari pertama mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tiga amplop soal kami ambil hari ini di Polsek. Alhamdulillah lancar,” ujarnya.

Ia menjelaskan, sesuai standar operasional prosedur (SOP), 52 siswa peserta yang terdiri dari 33 orang laki-laki dan 19 perempuan dibagi tiga ruangan. Dua ruangan diisi 20 orang dan satu ruangan untuk 12 orang.


Pengawas UN Kabupaten Bima Rayon 10, Darusman M.Pd mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan tidak ditemui kendala dalam proses pelaksanaan UN hari pertama Soromandi. “Dari hasil pemantauan tak ada gangguan. Lebih-lebih untuk naskah soal ujian,” katanya. (ID)

No comments