Breaking News

Pemdes Timu Alokasikan Rp100 Juta untuk Pembangunan Masjid

Kepala Desa Timu Kecamatan Bolo, Arsyad. Foto Hamid Berita11.com

Bima, Berita11.com— Pemerintah Desa Timu Kecamatan Bolo Kabupaten Bima mengalokasikan Rp100 juta untuk menbantu penyelesaian pembangunan masjid di desa setempat dari Anggaran Pendapatan dan Pendapatan Desa (APBDes) tahun 2016.

Kepala Desa Timu, Arsyad menjelaskan anggaran Rp100 juta tersebut merupakan pengurangan jatah belanja dari empat dusun di desa setempat yang telah disepakiti bersama. Dengan total APDes sebesar Rp1,18 miliar. Menurutnya, prioritas pembangunan masjid merupakan tanggunjawab pemerintah dan masyarakat.

“Tahun ini penyelesaian masjid prioritas kami. Karena itu menjadi tanggungan kami tahun ini. Berdasarkan hasil Musrembangdes, Perdusun akan kami kurangi. Jadi jumlahnya 100 juta,” katanya kepada Berita11.com di Bolo, Senin (30/5/2016).

Tak hanya itu, proyek fisik yang belum tuntas periode lalu, masuk dalam item RKPDes. Termasuk pengembangan infrakstruktur seperti proyek jalan linkar desa, pemagaran keliling Posyandu dan sarana belajar anak rencananya akan dibangun tahun ini.

“Ada juga lanjut jalan tani. Kemudian jalan lingkar desa dari RT 11 sampai 13 dan RT 6 sampai 7, pagar keliling Posyandu dan PAUD bangun baru,” jelasnya.

Pada program kemasyarakatan, Pemdes Timu mengalokasikan Rp50 juta untuk bedah rumah yang tidak layak huni sebanyak lima unit. Namun jika nantinya penggunaan dana tersebut surplus, terbuka kemungkinan jumlahnya ditambah.

“Bedah rumah lima unit dengan aggarannya 50 juta. Tapi itu tidak dijamin lima unit. Nanti kita kembangkan dengan melihat kondisi,” ujarnya.

Arsyad memastikan RKPDes setempat sudah tepat menyasar semua keluhan dan kebutuhan masyarakatnya. Untuk mengeksekusi semua progam, saai ini pihaknya masih menunggu pencairan tahap pertama dari APBD Kabupaten Bima.

“Pokoknyanya untuk tahun ini anggaran sudah pas dan mengenai sasaran. Pelaksanaannya belum karena dananya belum masuk sampai sekarang. Kita hanya waiting saja,” katanya (ID)

No comments