Breaking News

Pemkab Bima Gandeng Investor Asing Garap Sektor Energi

Kabag Ekonomi Setda Kabupaten Bima, Iwan Setiawan. Foto Hamid

Bima, Berita11.com— Pemerintah Kabupaten Bima berencana menggarap sektor energi dengan menggaet investor asing asal Korea. Hal ini disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Ekonomi Setda Kabupaten Bima, Iwan Setiawan.

“Kami sedang kembangkan sektor energi terbarukan. Untuk solar cell (panel surya) investor asal korea tertarik untuk kerjasama,” kata Iwan Setiawan kepada Berita11.com, Selasa (10/5/2016).

Iwan mengatakan potensi tenaga panas matahari di Kabupaten Bima dapat menjadi alternatif energi listrik bagi kebutuhan masyarakat. Menurutnya, kondisi iklim di Indonesia menjadi daya tarik investor asing untuk menanam modal di bidang jasa penyediaan energi.

“Iklim kita kan tropis. Di Sumatra, Jawa dan Bali sudah ada. Apalagi di Bima yang panas. Sangat cocok untuk solar cell,” ujarnya.

Untuk lokasi strategis penempatan panel surya Pemkab Bima menyerahkan sepenuhnya pada pihak investor. Hingga saat Ini Pemkab masih menunggu tindaklanjut rencana investasi itu. “Sekarang kita masih menunggu realisasinya,” katanya.

Solar cell merupakan pembangkit listrik yang mampu mengkonversi sinar matahari menjadi energi listrik ramah lingkungan. Di masa depan solar cell dapat menjadi salahsatu sumber energi terbarukan. (ID) 

No comments