Breaking News

Program Desa Online, Masyarakat tak Perlu Repot ke Kantor BPN

Kepala BPN Kabupaten Bima, Saad Asa, SH MH. Foto Hamid Berita11.com


Bima, Berita11.com— Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bima terus berinovasi dalam upaya mempermudah pelayanan pengurusan hak milik tanah. Salahsatunya melalui program desa online.

Kepala BPN Kabupaten Bima, Saad Asa mengatakan program desa online dapat membantu masyarakat melegalisaisi aset tanahnya. Hanya dengan mengunjungi kantor Pemerintah Desa masing-masing dan mengisi data. “Program ini sangat efektif bagi masyarakat di desa,” kata Saad kepada 
Berita11.com di BPN Kabupaten Bima Rabu (11/5/2016).

Dijelaskannya, sistem kerja pelayanan Desa Onlline, pihak desa akan memindai data pemohon atau masyarakat. Selanjutnya akan dikirim melalui surat elektronik (e-mail) ke BPN. Kemudian petugas BPN memproses permohonan sesuai ketentuan yang berlaku. Setelah proses administrasi rampung petugas akan membawa sertifikat untuk diserahkan kepemilik di desa.

“Selanjutnya sesuai ketentuan, prosesnya paling lama 27 hari kerja. Setelah menyetor uang ke bank nanti sertifikatnya kami bawa ke desa,” ujarnya.

Dikatakannya, program Desa Online telah bergulir sejak September 2015 lalu dengan sasaran tujuh desa yang menjadi percontohan. Lima di antaranya adalah Desa Punti Kecamatan Soromandi, Desa Dadibou, Desa Rabakodo, Desa Talabiu Kecamatan Woha dan Desa Sondosia Kecamatan Bolo.
Bagi desa yang ingin menerapkan program harus menyediakan fasilitas penunjang seperti laptop, printer yang mengadopsi sistim kerja scanner dan tentunya dilengkapi sambungan internet yang ditangani satu orang admin.

“Sayangnya, keterbatasan sarana dan kualifikasi SDM aparatur di sejumlah desa menjadi kendala keberhasilan program,” kata Saad.


Pada tahun ini, BPN telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bima untuk memberlakukan program keseluruh desa melalui APBDes tahun 2016. “Tahun ini kami akan berlakukan untuk semua desa. Kami sudah bersinergi dengan Pemda melalui APBDes.” katanya. (ID) 

No comments