Breaking News

Refleksi Hardiknas, Bupati IDP: jangan Terlalu Bangga akan Prestasi!


Bupati Bima, Hj Indah Dhmayanti Putri Saat Memimpin Upacara Hardiknas Kabupaten Bima. Foto ID

Bima, Berita11.com— Potret buram dunia pendidikan saat ini seperti fakta bahwa anggaran pendidikan belum merata pada seluruh satuan misalnya yang dikelola pihak swasta merupakan tanggungjawab bersama. Hal itu disampaikan Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri (IDP) usai upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang dipusatkan di lapangan Talabiu Kabupaten Bima, Senin (2/5/2016).

Ia meminta kepada seluruh pihak terkait dalam dunia pendidikan tidak mengeluk-elukan prestasi yang sudah ada. Menurutnya, upaya peningkatan mutu bukan saja tanggungjawab pemerintah, namun perlu peran banyak pihak terutama pemangku kepentingan terkait (stake holder). Karena tanpa peran itu sulit mewujudkan pemerataan dan progres mutu pendidikan.

“Kita harus berikhtiar untuk mencerdaskan anak bangsa. Belajar berupaya menciptakan Sumber Daya Manusia yang berkualitas,” katanya kepada wartawan usia upacara Hardiknas.

Menurutnya, Hardiknas merupakan modal pemerintah daerah untuk membenahi mutu, prestasi dan SDM. “Apa yang kita dapatkan hari ini, prestasi yang diperoleh jangan terlalu dibanggakan. Yang utama adalah peningkatan SDM. Baik itu siswa, guru maupun kepala sekolah,” katanya.

Bupati IDP belum mengetahui detail anggaran pendidikan di Kabupaten Bima, namun secara umum Pemerintah Kabupaten Bima terus berihtiar meningkatkan mutu pendidikan. Salahsatunya melalui upaya peningkatan infrastruktur atau sarana dan prasarana sehingga bisa meraih kualitas, karakter, kemampuan interaksi dan kompetensi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bima, Tajuddin SH, menyatakan, prioritas penggunaan anggaran pendidikan di Kabupaten Bima diarahkan untuk peningkatan mutu.  

“nggaran pendidikan, saya tidak tahu rinciannya. Tapi yang pasti akan digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan,”  katanya. (ID) 

No comments