Breaking News

Saat Ramadhan, Remaja Diimbau Mengutamakan Keselamatan

Ilustrasi Kegiatan Ngabuburit. Orginal Picture HarianJogja

Kota Bima, Berita11.com—  Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor Bima Kota, AKP Andri Nugroho S mengimbau kalangan remaja untuk mengutamakan keselamatan saat berkendara menjelang Ramadhan 1437 Hijriah/2016.

“Pada saat ngabuburit nanti, kami imbau utamakan keselamatan berlalu lintas. Apalagi anak-anak di bawah umur wajib mengenakan helm,” katanya kepada Berita11.com kemarin.

Sebagai langkah awal, mantan Kasat Reskrim Polres Sumbawa tersebut mengatakan pihaknya telah memberikan pemahaman kepada remaja melalui program "Police go to School" serta menyasar beberapa komunitas pengguna kendaraan bermotor dan pusat keramaian.

“Kami sudah mengawalinya dengan sosialisasi kepada masyarakat dengan masuk sekolah-sekolah, mengunjungi komunitas ojek dan pasar. Mengenai risiko dan pentingnya keselamatan berkendara,” ujarnya.

Meski tak dapat merinci banyaknya kasus kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) dengan tersangka pengemudi di bawah umur. Ia mengigatkan para orangtua tidak terburu-buru mengenalkan anak menggunakaan kendaraan. Menurutnya, orangtua dapat berperan sebagai pionir dalam keselamatan berkendara.

“Yang jelas datanya ada. Tapi berapa jumlahnya saya tidak tahu. Orangtua kami ingatkan agar tidak terlalu dini mengajari anak bawa motor. Karena mereka juga punya peran sebagai salahsatu pelopor keselamatan berkendara,” katanya. (ID)

No comments