Breaking News

SMK Kesehatan Yahya Bima Kembangkan Energi Ramah Lingkungan

SMKN Yahya Bima Merupakan Salahsatu Sekolah Memiliki Misi Membentuk SDM Berkualitas

Bima, Berita11.com—  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan Yahya Bima tengah mengembangkan energi terbarukan yang dinilai ramah lingkungan sebagai alternatif kebutuhan bahan bakar rumah tangga.

Kepala SMK Kesehatan Yahya Bima, Burhan SE menjelaskan pengembangan bioetanol tersebut telah dilakukan sejak tahun lalu, melalui tangan terampil seorang guru di sekolah setempat. Bermula dari hasil penelitian saat kuliah kemudian dikembangkan bersama siswa.

"Cerita berawal dari riset seorang guru kami saat kuliah. Kemudian akhirnya dia berinisiatif untuk dikembangkan bersama siswa dan kami fasilitasi," katanya kepada Berita11.com di SMK Yahya Bima, kemarin.

Ia mengatakan bahan baku yang digunakan yaitu buah-buahan tidak layak konsumsi seperti mangga dan pisang yang dibuang masyarakat sekitar. Untuk pengolahan, sementara masih menggunakan peralatan sederhana. Sekolah setempat telah membeli mesin penghancur berkapasitas besar.

"Kami manfaatkan buah-buah yang busuk. Sementara kami gunakan blender. Sekarang kami tunggu mesin pengolahannya yang kami beli dari luar daerah," katanya.

Rencananya sekolah setempat akan mempromosikan hasil pengembangan dengan mengundang pemerintah dan masyarakat setempat serta mengajak awak media. Bahan bakar tersebut akan digunakan untuk kompor rumah tangga. "Ke depan kita akan kembangkan untuk bahan bakar sepeda motor," katanya. (ID).


No comments