Breaking News

UPT Dispertapa Madapangga Benahi Pelayanan Informasi Publik

Kepala UPT Dispertapa Kecamatan Madapangga, Akhyar Anis S.Pt

Bima, Berita11.com— Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Dispertapa) Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima terus berupaya membenahi layanan dalam hal penyediaan informasi publik.

“Akses informasi merupakan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Jadi masyarakat berhak tahu mengenai program-program, berapa biaya dan peruntukannya,” kata Kepala UPT Dispertapa Kecamatan Madapangga, Akhyar Anis S.Pt kepada Berita11.com di Madapangga, kemarin.

Akhyar mengakui selama ini unit layanan setempat  belum sepenuhnya mengimplementasikan KIP. Namun ia mengajak penggiat LSM, awak media serta komponen masyarakat lain agar tidak sungkan mendatangi kantor UPTD setempat untuk memperoleh informasi dan mengawal program.

“Jadi tahun 2016 ini, bukan tahun sebelumya tidak transparan tapi belum secara utuh. Tahun ini kami berlakukan keterbukaan informasi secara penuh. Mari mengambil data di kantor dan silahkan kroscek di lapangan,” ajaknya.

Dia mengatakan salahsatu bentuk upaya perbaikan, UPT Dispertapa Madapangga telah menggelar pertemuan terbuka bersama pemangku kepentingan (stakeholders) dan masyarakat setempat di kantor Camat Madapangga pada Maret lalu. Sosialisasi program dan analisis masalah pertanian menjadi fokus pembahasan.

“Kemarin kami adakan pertemuan dengan mengundang kelompok tani dan semua elemen masyarakat di kantor camat,” katanya.


Selain itu, UPTD setempat juga akan menyediakan papan informasi dan selebaran yang berisi data program yang sedang dikerjakan. Termasuk siaran pers untuk media.  Rencana lain,  membuat webside untuk menampung sistim informasi secara digital yang dapat diakses melalui internet. (ID)

No comments