Breaking News

95 Persen CJH Kota Bima Lunasi BPIH

Kepala Kemnag Kota Bima, Drs H Syahrir, M.Si. Foto Hamid Berita11.com




Kota Bima, Berita11.com— Pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2016 Kota Bima, embarkasi NTB telah mencapai 95 persen atau sebanyak 153 orang jamaah calon haji (CJH) reguler dari total kuota 164 orang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bima, Drs. H. Syahrir, M.Si kepada Berita11.com di kantor setempat, kemarin. 

Dia menjelaskan, 164 orang jamaah CJH merupakan daftar tunggu dalam sistem komputerisasi haji terpadu (Siskohat) tahun 2015. Termasuk empat orang cadangan. Dari jumlah keseluruhan itu, dua orang di antaranya adalah CJH yang mendapat jatah Kemenag Kantor Wilayah (Kanwil) NTB bagi usia lanjut. Sementara untuk pelunasan tahap kedua yang dibuka tanggal 20 Juni lalu masih menyisakan sembilan orang. 

“Sisa tahap terakhir ini sembilan orang, yang dari dulu membatalkan BPIH tapi tetap muncul pada Siskohat. Kemudian dari sisa yang tidak melunasi Se-NTB dikumpulkan kemarin, kita diberi jatah dua orang untuk posisi lansia yang umur 80 tahun ke atas. Alhamdullilah dua orang tersebut sudah melunasi,” jelasnya. 

Syahrir menyebutkan total kuota haji embarkasi NTB tahun 2016 sebanyak 4600 orang telah dikurangi 20 persen. Sehingga yang dapat diberangkatkan ke tanah suci tahun ini hanya 3500 orang. Batas pelunasan untuk tahap kedua berakhir 30 Juni mendatang. 

“Setelah berakhirnya pelunasan tahap kedua akan dikumpulkan di Jakarta. Berapa sisa dari jatah haji nasional yang belum bisa melunasi. Dari situ akan dibagi habis oleh pusat. Entah berapa yang diterima NTB untuk mengisi kekurangan itu,” ujarnya. 

Dikatakannya, tahun ini jumlah kuota haji untuk Kota Bima meningkat. Meski demikian belum memenuhi syarat kelompok terbang (Kloter). Agar terpenuhi, rencananya CJH Kota Bima akan diberangkatkan bersama CJH kabupaten Dompu dan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). 

“Kalau NTB sekitar 10 kloter. Kita ada peningkatan sedikit. Tapi tidak sampai satu kloter. Satu kloter kan 350 orang. Jadi nanti kita akan gabung dengan jamaah dari Dompu dan KSB,” ujarnya. 

Selain itu, Pembuatan paspor bagi CJH yang sudah melunasi BPIH, juga telah rampung. Pengurusan paspor dilakukan sendiri CJH di Kantor Imigrasi Sumbawa. Selanjutnya, dalam tak lama lagi mereka akan diberikan pelatihan tata cara pelaksanaan ibadah (Manasik) haji. Kemenag Kota Bima juga mengimbau CJH agar menjaga kebugaran jasmani hingga menjelang jadwal keberangkatan. 

“Alhamdulillah, paspornya sudah selesai dan rampung. Karena memang kita minta CJH yang diperkirakan akan berangkat untuk segera mengurusi pembuatan paspor. Kemudian tinggal menunggu pelaksanaan bimbingan manasik haji sebanyak sepuluh kali. Kita harap mereka bisa menjaga kesehatan sampai tiba hari keberangkatan,” harapnya. (ID) 


No comments