Breaking News

BPMDes: 143 Desa Terkendala Laporan Penggunaan Anggaran

Kantor BPMDes Kabupaten Bima, di Jalan Garuda Raba Bima. Foto Hamid Berita11.com

Kota Bima, Berita11.com— Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bima, Abdul Wahab Usman, SH menyatakan 143 Desa dari total 191 Desa di Kabupaten Bima belum dapat menerima pencairan tahap pertama Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2016 terjadi karena masih terkendala laporan realisasi penggunaan APBDes 2015. 

“48 desa sudah terima. Sisanya karena desa sendiri belum menyelesaikan APBDes, laporan realisasi dan SPJ tahun 2015 dan ditambah APBDes 2016. Kalau belum ada itu kita belum berani cairkan uang,” kata dia kepada Berita11.com di BPMDes, kemarin. 

Menurut Wahab BPMDes tak bisa memaksakan pencairan awal pada desa yang belum menuntaskan laporan meski sudah masuk akhir semester pertama. Sebelumnya, SKPD setempat telah melaksanakan pelatihan rutin mengenai tata kelola anggaran. 

“Kita juga ndak bisa paksa. Kita sudah bimbing, sudah arahkan berkali-kali. Namun kembali ke desa,” lanjutnya. 

Dia memrediksi hingga akhir Juni sebagian besar desa akan menerima pencairan anggaran. Setelah menerima anggaran, desa dapat menggunakan anggaran untuk kepentingan pelaksanaan pembangunan sesuai perencanaan. 

“Mau selesai semua. Saya pikir sampai akhir Juni ini paling sisa sedikit. Begitu cair uangnya kalau mereka siap belanja saja. Kita sudah bimbing gimana cara belanja,” pungkasnya. (ID) 

No comments