Breaking News

Desa Belo Utamakan Pembangunan Jalur Ekonomi

Ilustrasi

Bima, Berita11.com— Pemerintah Desa Belo Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima akan mengutamakan pembangunan jalan ekonomi untuk warga melalui APBDes tahun 2016. Proyek itu merupakan usulan terbanyak masyarakat saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) setempat. 

“Jalan ekonomi paling banyak menjadi usulan masyarakat. Jadi itu yang terutama sekali kita bangun,” kata Kepala Desa Belo, H. A. Latif. SH kepada Berita11.com di Belo, kemarin. 

Dikatakannya, setelah dibangun, mobilitas masyarakat petani di wilayah tersebut dapat terbantu. Terutama memudahkan akses keluar dan masuk kendaraan yang mengangkut hasil pertanian. “Jadi mobil bisa masuk ke sana untuk angkut hasil sawah petani,” ujarnya. 

Tak hanya itu, 10 item proyek dalam RKPDes, tiga di antaranya  saluran drainase untuk RT 5, 6, 7 dan 9 dan rehabilitasi Posyandu. Kemudian rehab kantor desa yaitu pengecatan tembok serta penambahan satu ruangan untuk bendahara yang akan dikerjakan tahun ini. 

“Total APBDes kita tahun ini 1,08 miliar. ADD tahap pertama 400 lebih juta. Lebih-kurang 10 paket fisik. Pemberdayaannya, bantuan bakulan kita sediakan 25 juta, setiap mushalah kita bantu dengan total anggaran 30 juta. Insentif guru ngaji, bilal dan marbot semua sudah masuk,” jelasnya. 

Untuk mengimplementasikan Keterbukaan Informasi Publik. Pemdes Belo menyediakan papan informasi bagi masyarakat yang ingin mengetahui progam dan besaran anggaran untuk setiap item program. “Tahun 2015 di kantor kita buat satu. Tahun ini mau adakan di tiap-tiap dusun. Sosialisasi pada saat acara pertemuan warga kita sisipkan,” pungkasnya. (ID)

No comments