Breaking News

Ini Program Pemdes Tumpu Tahun 2016



Ilustrasi

Bima, Berita11.com— Pemerintah Desa (Pemdes) Tumpu Kecamatan Bolo Kabupaten mempunyai program kerja sendiri dalam upaya meningkatkan pembangunan di berbagai bidang. Total Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) periode 2016 sebesar Rp1,094 miliar. Apa saja yang akan digenjot? 

Kepala Desa Tumpu Arifin Yasin menjelaskan program peningkatan infrastruktur merupakan skala perioritas desa setempat di antaranya, proyek jembatan, saluran pembuangan air limbah (SPAL), peningkatan gang desa, pagar kantor desa, kantor BPD dan pagar keliling Polindes dari 60 persen pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap pertama. 

“Itu skala prioritas pembangunan fisik kita untuk ADD tahun 2016. Ada RAB-nya juga. Berdasarkan hasil Musrenbangdes kemarin,” terang Arifin kepada Berita11.com di Tumpu kemarin. 

Dikatakannya, untuk pembangunan kantor Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pemerintah mengucurkan dana sebesar Rp50 juta. Menurutnya, jumlah tersebut sudah ideal sebagai tahap awal penyediaan fasilitas gedung lembaga representatif masyarakat desa setempat. 

“Anggarannya 50 juta. Itu untuk pembangunan awalnya saja. Kita lihat perkembangannya. Kalau kurang, tahun depan kita lanjutkan,” ujarnya.

Sementara pada bidang pemberdayaan masyarakat, Arifin mengisyaratkan pemerintah setempat akan mengulang program usulan masyarakat tahun lalu. Yaitu bantuan bibit unggas. Kemudian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diberikan andil melalui layanan bantuan modal oleh koperasi dan penyimpanan hasil produksi pertanian. 

“BUMDes anggarannya 50 juta. Selain memberikan jasa simpan pinjam. Kita sediakan tempat penyimpanan jagung bagi petani. Itu oleh BUMDes,” katanya. 

Upaya keterbukaan informasi juga tidak ketinggalan. Ia menuturkan penyebarluasan infoormai terkait program kerja disampaikan secara lisan saat acara kemasyarakatan. “Sementara secara lisan saja. Melalui acara nikahan dan lainnya. Insya Allah kita akan sediakan satu papan informasi di depan kantor,” ujarnya. (ID) 

No comments