Breaking News

Pemdes Tente Latih Warga Urus Jenazah

Kegiatan Sholat Jenazah. Ilustrasi

Bima, Berita11.com— Pemerintah Desa (Pemdes) Tente Kecamatan Woha Kabupaten Bima berupaya meningkatkan pengetahuan warga tata cara mengurus jenazah, terutama terkait cara memandikan orang yang meninggal. Dukungan itu dituangkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APDes) Tahun 2016.

“Kita adakan pelatihan pemandian jenazah untuk anak muda tahun ini. Pelatihan diberikan khusus pada generasi muda yang akan menggantikan peran orang tua,” kata Kepala Desa Tente, Setia Dermawan kepada Berita11.com di Tente, kemarin. 

Dia mengisyaratkan, pelatihan akan diberikan pada empat orang pemuda perwakilan tiap dusun di desa setempat. Pemateri yang akan dilibatkan dari Kantor Urusan Agama (KUA) setempat dan pihak lain dari luar desa. “Jadi kita undang KUA dan para ahlinya untuk memberikan pelatihan,” katanya. 

Selain itu, pada program pembangunan fisik, pembuatan parit dan deker menjadi usulan terbanyak masyarakat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) setempat. 

Kemudian pengadaan plat tanda nama untuk masing-masing gang.  Selain itu, dua unit fasilitas Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) juga diprioritaskan sehingga memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat. 

“Posyandu kita bangun dua titik. Untuk meningkatkan standar kesehatan warga. Jadi warga pada dusun sebelah tidak lagi menuju dusun tetangga. Banyak warga yang mengeluh karena posyandunya jauh,” imbuhnya. 

Dalam hal keterbukaaan informasi, Setia mengatakan Pemdes Tente berencana menyediakan papan informasi di kantor. Saat ini penyebarluasan informasi program disampaikan dalam acara masyarakat di desa. 

“Kita akan sediakan papan informasi di depan kantor. Program dan jumlah dananya tertera di situ. Sementara ini kita sosialisasikan lewat acara dan kegiatan masyarakat di kampung,” terangnya. (ID)

No comments