Breaking News

Pemdes Darussalam Saring 100 Aspirasi Masyarakat

Ilustrasi Peta Kecamatan Bolo. Ist

Bima, Berita11.com—  Pemerintah Desa (Pemdes) Darussalam Kecamatan Bolo Kabupaten Bima memetakan skala prioritas program kerja untuk Anggran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2016 dengan menyaringan sekitar 100 aspirasi masyarakat. Hasil penjaringan tersebut ditetapkan dalam dokumen Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa).

“Kita sudah saring usulan RKP masing-masing dusun kemarin. Ada sekitar 100 lebih kegiatan. Tapi BPD dan Tim 11 bersama warga sudah sepakati skala prioritasnya dalam Musrenbangdes,” kata Kepala Desa Darussalam H. Abdurrahman kepada Berita11.com di Darussalam, kemarin.

Dia menjelaskan penjaringan aspirasi warga dimulai dari rukun tetangga (RT) oleh aparatur di tingkat dusun melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang dilaksanakan tiga Dusun di desa setempat. Selanjutnya, laporan disampaikan ke Pemdes dan disortir sesuai kebutuhan. Selanjutnya akan diawasi oleh tim penyusun.

“Nanti tim 11 yang dibantu BPD untuk cek ke lapangan, benar tidak laporannya. Sehingga bisa kita dapatkan program yang tepat untuk masyarakat,” katanya.

Abdurrahman menyebutkan, total APBDes Darussalam tahun 2016 sebesar Rp1,1 miliar. 70 persen dipakai untuk belanja bidang penyelenggaraan Pemerintah Desa. “Selain itu, 30 persen untuk lain-lain. Seperti, belanja pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Dikatakannya, pada pelaksanaan pembangunan fisik, dari 60 persen pencairan tahap pertama, ada beberapa proyek yang akan dikerjakan. Di ataranya, gorong-gorong, rabatnisasi gang, pembangunan talud air pasang, pembangunan pagar kantor desa, rehab dan pembangunan sarana mandi, cuci dan kakus (MCK) serta penimbunan kuburan.

Selain itu, APBDes dialokasikan juga untuk program pembinaan dan pemberdayaan masyarakat. Seperti, rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) 15 unit, insentif bagi pengurus masjid dan guru ngaji, pembiayaan kegiatan MTQ, pemberdayaan PKK, sosialisasi Kamtibmas, pengadaan alat timbang digital bagi Posyandu, pertamini, bibit nener untuk kelompok nelayan, dan bantuan peralatan edukasi untuk tiga PAUD. Termasuk  tambahan gizi untuk anak-anak usia dini.

“Program kita banyak. Sosialisasinya, kita sampaikan pada acara-acara masyarakat di desa. Insya Allah tahun ini kita sediakan papan informasi tiap dusun. Kita juga akan pasang wi-fi di kantor sekaligus websitenya agar lebih transparan,” ujarnya (ID)

No comments