Breaking News

Pemdes Rasabou Fokus Pembangunan Infrastruktur Strategis

Kepala Desa Rasaabou Kecamatan Bolo, Julkisman. Foto Hamid Berita11.com

Bima, Berita11.com—  Pemerintah Desa (Pemdes) Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima akan meningkatkan pembangunan infrastruktur strategis guna memaksimalkan potensi sumber daya di wilayah setempat. Rencana program tersebut dituangkan dalam Anggaran Pendapatan Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2016.

“Skala prioritas fisik ada dua tahun ini. Pembangunan saluran irigasi dan bahu gang di desa,” kata Kepala Desa Rasabou, Julkisman kepada Berita11.com di Rasabou, kemarin.

Julkisman menjelaskan  Pemdes setempat mengalokasikan 60 persen dari total pencairan tahap pertama Alokasi Dana Desa (ADD). Sesuai rencana, pembangunan infrastruktur strategis akan menghabiskan anggaran Rp200 juta. Infrastruktur dimaksudkan untuk medukung sektor pertanian serta menangulangi potensi banjir.

“Ini sangat bermanfaat bagi petani. Karena melalui jalur sawah dan berakhir di hulu sungai,” ujarnya.
Agar lebih efisien dari segi anggaran dan waktu. Konstruksi menggunakan material pipa paralon berdiameter besar sesuai arahan konsultan. Jika memakai pondasi beton akan terjadi pembengkakkan biaya. “Ada sekitar 3 Kilometer tapi kita sesuaikan. Sesuai arahan dari konsultan, kita pakai jalur pipa besar yang ditanam supaya hemat biaya,” imbuh Julkisman.

Selain itu, Julkisman mengatakan pada bidang kemasyarakatan,tahun ini pemerintah menyediakan fasilitas pendukung untuk acara dan kegiatan masyarakat melalui pengadaan kursi plastik. Setiap dusun akan mendapat 50 kursi. “Kita juga sediakan kursi plastik untuk kegiatan warga. Total 250 kursi dibagi untuk lima dusun,” jelasnya.

Ada juga bantuan benang tenun bagi pengrajin sarung songket, bantuan alat semprot pertanian, peralatan bengkel, sosialisai sadar hukum, rehab ringan 20 unit rumah warga, dan bantuan Anggaran BUMDes. Total nilai APBDes Rasabou untuk periode 2016 Rp1,57 miliar.

“Pelaksanaannya kita rapatkan dulu. Soalnya kita juga butuh pendapat BPD dan masukan masyarakat,” pungkasnya.(ID)

No comments