Breaking News

Pemdes Rato Genjot Infrastruktur Wilayah Selatan

Sekretaris Desa Rato, Abdul Majid, A.Md.Com. Foto Berita11.com

Bima, Berita11.com— Pemerintah Desa (Pemdes) Rato Kecamatan Bolo Kabupaten Bima berupaya menggenjot pembangunan inrastruktur pada wilayah Selatan desa dari APBDes tahun 2016. Tahun lalu Pemdes setempat memrioritaskan pembangunan pada wilayah Utara.

"Fokus pembagunan yang kita utamakan satu unit posyandu, rabat gang, bronjong, dan pembukaan jalan tani untuk wilayah Selatan. Karena untuk APBDes tahun 2015 kita prioritas sebelah Utara," kata Sekretaris Desa Rato, Abdul Majid A.Md. Com kepada Berita11.com di Rato, kemarin.

Majid menjelaskan peningkatan fasilitas publik tersebut akan menghabiskan anggaran Rp41 juta. Itu berdasarkan rancangan saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrembagdes) setempat pada pencairan tahap pertama. Selain itu, rehabilitasi untuk sarana ibadah juga akan dikerjakan dari Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2016.

“Ditambah dengan rehab mushalah dua unit di RT 13 dan 16. Itu diprioritaskan dari ADD semua,” lanjut dia.

Dikatakannya ada empat program dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) yaitu, pembangunan, pembinaan, pemberdayaan dan pelaksanaan pemerintahan. Total APBDes Rato Rp1,24 miliar. Program kerja getol disosialisasikan melalui acara dan kegiatan masyarakat di lingkungan desa setempat. “Pada acara dan kegiatan masyarakat kita sampaikan program-program desa,” ujarnya.

Pada program pembinaan,  Pemdes setempat berpedoman pada surat keputusan Bupati Bima. Insentif bagi marbot dan guru ngaji juga telah disediakan. Sementara Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diberikan jatah anggaran sebesar Rp150 juta untuk dikelola.

“BUMDes kita kasih 150 juta digunakan untuk program pemberdayaan. Seperti penguatan kapasitas kelompok masyarakat dan bisa membuka jasa simpan pinjam,” jelasnya.


Pada sektor penerimaan, Desa Rato menargetkan Rp8 juta. Majid memrediksi penerimaan akan melebihi target  mengingat penerimaan tahun lalu di atas standar yang ditetapkan. "Pasti bisa lebih karena tahun sebelumnya PADes kita diatas delapan juta,” tandasnya. (ID)

No comments