Breaking News

Selama Ramadhan, Personil PLN Siaga Mengantisipasi Gangguan

Kantor PLN (Persero) Wilayah NTB Area Bima. Foto Hamid Berita11.com


Kota Bima, Berita11.com— Mengantisipasi gangguan listrik pada bulan Ramadhan 1437 Hijriah/2016, PT PLN (Persero) Area Bima Nusa Tenggara Barat (NTB) menyiagakan personil pemeliharaan jaringan di sejumlah rayon wilayah Bima. 

“Ramadhan dan lebaran kita sudah gelar pasukan. Jadi dalam artian kita sudah siap secara peralatan dan secara personil,” kata Supervisor Pemeliharaan Jaringan PLN Area Bima, Firmansyah kepada Berita11.com di kantor PLN, Senin (20/06/2016). 

Dia menjelaskan selama bulan Ramadhan tercatat telah terjadi duakali gangguan jaringan yang disebabkan oleh faktor alam (force majeur). Yaitu, di Kelurahan Kolo dan Jumat (17/06) lalu di Desa Mbuju Kecamatan Kilo Kabupaten Dompu. Perbaikkan diupayakan pada saat itu juga. 

“Di Kolo pohon asam tumbang. Sementara di Mbuju itu tiang listrik ambruk karena erosi saat hujan. Tapi kita upayakan normal hari itu juga,” ujarnya. 

Dikatakannya, pemeliharaan preventif sangat perlu untuk mejaga kelancaran arus listrik selama Ramadhan. Personil ditugaskan meminimalisasi potensi kerusakan jaringan. Seperti membersihkan ranting pohon dan mengencangkan kabel yang kendor yang menjadi penghambat aliran listrik. 

Dari segi pembangkit, revisi kelayakan operasi mesin juga menjadi perhatian PLN. Sistem kelistrikan melalui inter-koneksi antarpembangkit dapat menjaga stabilitas pasokan daya listrik hingga jelang Ramadhan. “Pembangkit juga kita sudah siap tinggal pemeliharaan preventif hingga hari raya Idul Fitri nanti,” katanya. 

Firmansyah menammbahkan, peningkatan konsumsi daya terjadi selama puasa sebesar 1,5 persen dibanding bulan biasa. Peningkatan rawan terjadi usai terawih dan saat sahur. “Jelas ada peningkatan. Kita pantau dari ruang kontrol ada sekitar 1,5 persen,” imbuhnya. (ID) 

No comments