Breaking News

Soal WC Jorok di KBR, BLUD Bima Minta Maaf

Kondisi WC di Kamar Bersalin BLUD Bima. Foto Berit11.com

Bima, Berita11.com— Dua ruang WC kamar bersalin (KBR) Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Bima sangat jorok dan dikeluhkan keluarga pasien. Genangan air, plak hitam yang menempel di dinding dan sisa tinja menjadi pemandangan setiap hari. Kondisi tersebut sudah berlangsung lama bahkan sudah bertahun-tahun tidak dibersihkan.

Sejumlah kerabat pasien mengeluhkan kondisi tersebut. Seharusnya pihak manajemen BLUD memerintahkan petugas kebersihan membersihkan dua ruang WC tersebut. “Ini kan bersebrangan kamar tempat bayi-bayi dirawat dan tempat para ibu melakukan persalinan,” kata Rahma, kerabat pasien di BLUD Bima, kemarin.

Ia mengaku heran dengan kondisi WC BLUD Bima yang tidak terawat. Berbeda jauh dengan Rumah Sakit swasta yang berada di Kota Bima, jauh lebih bersih. Mestinya kondisi tersebut menjadi perhatian pemerintah dan manajemen BLUD.

“Saya lihat selamat kerabat dirawat di sini, WC nggak pernah dibersihkan, paling yang dipel lantai bagian depan kamar dan dalam kamar. Mana ruangan VIP sudah ful, pilihan kami di kamar ini saja,” katanya.

Pada bagian lain,  Humas BLUD Bima, dr H Sucipto, seharusnya kamar WC di ruangan bersalin tidak kotor. Menurutnya kondisi itu terjadi karena pasien dan keluarga pasien yang tidak bisa diajak berperilaku bersih.

“Tidak bisa kotor seperti itu, apa pasien dan pengunjung nggak bisa diajak bersih atau bagaimana? Kita bersihkan WC setiap saat. Ini sudah dipihakketigakan. Kenapa nggak bersih apanya yang salah, nanti kita tegur,” kata mantan calon Wali Kota Bima ini.

Pada bagian yang sama, Kepala Instalasi Kesehatan Lingkungan BLUD Bima, Fujiati mengaku sudah kehabisan akal menangani masalah WC kotor di kamar bersalin. “Kita sering bahas setiap kesempatan, namun tidak ada solusi. Lebih baik WC-nya ditutup daripada tambah parah,” katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Penunjang BLUD Bima, Heru Joko S, mengakui penanganan terhadap keluhan keluarga pasien lamban. Banyak pekerja kebersihan namun kinerjanya kurang. “Kami akan membenahinya cepat,” katanya.

Ia mengakui BLUD Bima jauh dari standar bersih. Hal itu juga sesuai penilaian saat kunjungan Men PAN RB, Yuddy Crisnandi. “Karena sudah ditinjau Men PAN RB. Kalau ada komplain pelayanan, kami minta maaf,” katanya. (US/AH)

No comments