Breaking News

Total APBDes Sondosia Sebesar Rp1,134 Miliar

Ilustrasi Alur Penyusunan Anggaran Desa. Ist

Bima, Berita11.com—  Total Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Sondosia kecamatan Bolo Kabupaten Bima tahun 2016 sebesar Rp1,134 miliar. Sebagian besar dialokasikan untuk pengembangan infrastruktur di desa.

Penjabat Kepala Desa Sondosia, Sahrul, S.Sos menjelaskan 70 persen APBDes menjadi skala prioritas pengembagan fisik, pembinaan serta pemberdayaan masyarakat desa setempat. Sisanya digunakan untuk pembiayaan insentif para aparatur.

"Fisiknya perluasan tanah pemakaman, pembukaan jalan ekonomi, rabat gang dan Galian C. Dominan untuk pembangunan fisik. 30 persennya untuk gaji,” kata Sahrul kepada Berita11.com di Sondosia, kemarin.

Selanjutnya, kata dia pada belanja bidang pemerintahan, plafon ruangan,rehabilitasi pagar dan papan nama kantor juga akan dikerjakan tahun ini. “Kita anggarkan juga untuk plafon ruang Kades, pagar kantor sekaligus papan namanya. Tentu dari hasil musyawarah bersama,” ujarnya.

Tahun ini juga Pemdes setempat memberi keleluasaan Badan Usaha milik Desa (BUMDes) mengelola anggaran Rp50 juta. Program-program diserahkan pada pihak yang terlibat kemudian laporan disampaikan pada pihak Pemdes.

“Nanti BUMDes yang punya gaung kepada masyarakat. Pertanggungjawabannya dilaporkan ke kita,” ujarnya.

Sahrul  berharap siapapun yang terpilih menjadi Kepala Desa definitif bisa melanjutkan dan menuntaskan semua program. "Saya hanya penjabat. Sementara hanya membantu pemerintah desa. Kades definitifnya nanti bisa melanjutkan semua program,” katanya. (ID)

No comments