Breaking News

10 Pekerja Asing di Bima, hanya 1 Orang yang Mengantungi Izin

Kepala Disnakertrans Kabupaten Bima, Drs Ishaka. Foto Hamid Berita11.com

Bima, Berita11.com— Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten hingga per Maret 2015, tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja di Bima berjumlah 10 orang. Namun saat ini hanya satu orang saja yang mengantungi izin dan aktif bekerja. 

“Jadi hanya satu orang saja yang aktif bekerja. Memang kemarin ada enam orang. Tapi yang datang perpanjang cuma satu orang saja. Sisanya sudah kedaluwarsa dan makin berkurang,” kata Kepala Disnakertrans Kabupaten Bima, Drs Ishaka Kepada Berita11.com di Kantor Disnakertrans setempat. 

Dikatakannya tahun ini tidak ada penambahan TKA baru. Sementara itu, enam orang tenaga kerja asing yang terdata bekerja di perusahaan yang bergerak pada sektor budidaya mutiara yakni di PT Bima Sakti Mutiara, PT Tirta Mas Mutiara dan PT Bima Budidaya Mutiara. 

“Penyebabnya karena masalah produksi perusahaan sudah tak ada lagi. Jadi tenaga kerja luar negeri ikut berkurang. Dengan indikator tidak memperpanjang izin kerja,” ujarnya. 

Ishaka menjelaskan, sesuai Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Pemenaketrans)  Nomor 12 Tahun 2013, jika TKA bekerja di dua lokasi yang berbeda provinsi maka kewenangan yang mengeluarkan izin kerja adalah kementerian terkait. Sedangkan jika TKA bekerja di dua lokasi atau lebih dalam satu provinsi maka hal itu menjadi kewenangan Disnakertrans provinsi. 

“Nah kalau hanya kerja di Kabupaten Bima. Itu kewenangan kita. Tapi izin awalnya harus lewat Kementerian dulu. Melalui Ditjen Penempatan Tenaga Kerja Asing,” katanya. (ID)

No comments