Breaking News

1000 UMKM sudah Mengantungi Sertifikat, Akses Modal Meningkat

Kabid Pemberdayaan UMKM Diskop UMKM Kabupaten Bima, Drs Alimuddin. Foto US

Bima, Berita11.com— Pemerintah Kabupaten Bima terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salahsatunya melalui kegiatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Saat ini sudah 1000 pelaku UMKM yang sudah mengantungi legalitas sertifikat tanah.

Kepala Bidang Pemberdayaan UMKM Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Bima, Drs Alimuddin menyebutkan, hingga tahun 2016 pemerintah sudah memberikan bantuan sertifikat gratis kepada 1000 pelaku UMKM, menyebar seluruh kecamatan di Kabupaten Bima. Program yang bersumber dari pemerintah pusat.

“Semua wilayah sudah masuk, terakhir malah masuk ke Donggo, Soromandi, Sanggar masing-masing 100. Ada peningkatan dari 2015, meningkat 200 sertifikat,” jelas Alimuddin kepada Berita11.com, Kamis (28/7/2016).

Alimuddin menjelaskan, program sertifikat gratis untuk tanah milik pelaku UKM dimaksudkan untuk mendorong akses modal pelaku usaha kecil dan menengah. Karena umumnya usulan suntikan modal di bank menyaratkan jaminan. Untuk memperoleh program sertifikat gratis, pelaku UMKM harus mengantungi ijin usaha dari pemerintah kecamatan masing-masing.

Kita genjot ini untuk UMKM, diharapkan adanya ketersediaan modal usaha. Karena di bank selalu menyaratkan jaminan. Terkadang ada masalah kalau di pihak pemerintah desa terselip ada PNS,” katanya.

Selain program sertifikat gratis, hingga saat ini Diskop UMKM Kabupaten Bima terus berupaya melaksanakan sosialisasi di sejumlah wilayah. Tahun 2017 mendatang, dinas setempat akan meneruskan pelatihan bagi pelaku UMKM. Setiap penerima bantuan akan dilatih, terutama yang berkaitan dengan kewirausahaan dan cara pembukuan.

“Selain itu ada pembinaan-pembinaan di lapangan. Khusus untuk akses modal itu melalui dana KUR. Ada pendampingnya hampir di setiap kecamatan,” ujar Alimuddin. (US)


No comments