Breaking News

BPMDes Memastikan Tahapan Pilkades Sesuai Jadwal

Kantor BPMDes Kabupaten Bima di Jalan Garuda Kota Bima. Foto Berita11.com

Bima, Berita11.com— Pemilihan Kepala desa (Pilkades) secara serentak pada 58 desa se-Kabupaten Bima bagian tengah memasuki tahapan kampanye yang berlangsung selama tiga hari mulai Minggu hingga Selasa (10-12 Juli). Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMDes) memastikan pelaksanaan Pilkades sesuai tahapan yang ditetapkan.

Kepala BPMDes Kabupaten Bima, Abdul Wahab Usman, SH, M.Si Minggu (10/07) memaparkan, setelah tahapan kampanye selama tiga hari tersebut, 58 desa yang menyelenggarakan Pilkades akan memasuki masa tenang selama tiga hari yang akan berlangsung tanggal 13 sampai dengan 15 Juli.
Setelah itu akan memasuki Hari H Pencoblosan tanggal 16 Juli 2016,” katanya seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Chandra Kusuma Ap.

Berkaitan dengan tugas panitia tingkat Kabupaten Bima, Wahab menjelaskan  saat ini panitia tengah mendistribusikan logistik ke semua kecamatan, baik berupa kotak suara, kartu suara maupun logistik pendukung lain. 

“Kami rencanakan sampai dengan H-3 pencoblosan, semua logistik sudah berada di Kantor Camat untuk selanjutnya akan didistribusikan oleh Camat ke masing-masing desa pelaksana Pilkades pada H-1” jelasnya.

Selain masalah distribusi logistik Pilkades yang sejauh ini berjalan sesuai rencana, Wahab juga menjelaskan kondisi tahapan kampanye para calon Kades yang berlangsung di beberapa wilayah. 

“Untuk pelaksanaan kampanye yang berlangsung mulai hari ini Minggu (10/07), sepanjang pantauan langsung kami dibeberapa kecamatan seperti Palibelo, Woha, Monta, Bolo dan Madapangga berlangsung aman dan kondusif,” katanya.

Wahab berharap pelaksanaan Pilkades serentak pertamakali ini berlangsung sukses dan aman. Untuk itu, diharapkan semua elemen terkait  agar  menjaga keamanan dan ketertiban dengan mengedepankan kebersamaan dan saling menghargai di antara sesama, sehingga situasi kondusif dapat terpelihara hingga berakhirnya pelaksanaan Pilkades.

“Jika Pilkada tahun lalu kita dapat dilaksanakan dengan cukup aman, maka Pilkades serentak ini pun harus bisa kita  laksanakan lebih aman lagi,” pungkasnya. (AN)

No comments