Breaking News

Dua Penerbangan Batal, Otoritas Bandara Bima Mewaspadai Cuaca

Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. Foto Hamid Berita11.com

Bima, Berita11.com— Otoritas Bandar Udara (Bandara) Sultan Salahuddin Bima mewaspadai dampak anomali cuaca yang diperkirakan Stasiun Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika setempat terjadi hingga akhir Juli nanti. Beberapa hari sebelumnya, tercatat dua maskapai membatalkan penerbangan akibat gangguan cuaca.

“Kita tetap waspadai anomali cuaca sesuai imbauan dari BMKG dan kami informasikan juga kepada pihak airlines,” Kata Kasubag Tata Usaha (TU) Bandara Sultan Salahuddin Bima, Sutarmin kepada Berita11.com di kantornya, Senin (18/07/2016). 

Dia mengatakan, saat ini lalu lintas udara masih dalam kondisi aman dan aman untuk penerbangan. Namun, diakuinya pada dua hari terakhir Sabtu dan Minggu (16-17/07) ada dua pesawat yang penerbangannya dibatalkan akibat cuaca. 

“Memang kemarin ada satu pesawat yang tak bisa mengudara atau cancel. Kemudian hari Minggu ada satu juga yang balik lagi akibat cuaca,” jelasnya. 

Ia mengatakan kepekatan awan menjadi indikasi cuaca yang tidak baik untuk penerbangan. Sehingga sangat membahayakan keselamatan penumpang. 

Untuk mengetahui informasi cuaca, pihaknya terus memantau kondisi awan sekitar landasan pacu Bandara melalui menara (tower) pemantau dan berkerjasama dengan Stamet setempat. Sehingga sedini mungkin menghindari resiko terjadinya masalah. 

“Kita bandara, tower bersama BMKG tetap kita pantau untuk informasi cuaca. Tidak pernah kami abaikan informasi dan imbauan mereka. Dari Airlines juga sudah tahu informasi itu. Mengantisipasi sedini mungkin,” tandasnya. (ID) 

No comments