Breaking News

Hingga Juli 1000 TKI Asal Kabupaten Bima Berada di LN


Kepala Disnakertrans Kabupaten Bima, Drs Ishaka. Foto Hamid Berita11.com

Bima, Berita11.com— Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bima mencatat sebanyak1000 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Kabupaten Bima telah berada di luar negeri (LN). Jumlah tersebut merupakan TKI yang diberangkatkan sejak Januari hingga Juli 2016. 

“Yang berangkat kurang-lebih sekitar 1000  orang TKI. Itu dari Januari sampai Juli ini,” kata Kepala Disnakertrans Kabupaten Bima, Drs Ishaka  kepada Berita11.com di dinas setempat, Senin (18/072016). 

Dia menjelaskan, TKI tersebut diberangkatkan oleh 50 perusahaan penyalur tenaga kerja resmi yang ada di Kabupaten Bima. 

Tahun ini negara tujuan yang menjadi pilihan TKI masih di Kawasan Asia Tenggara (Pasifik). Yaitu, Malaysia, Brunei Darussalam, Hongkong, dan Taiwan. Menurutnya, selain karena negara tetangga di sana merupakan tempat kerabat mereka bekerja. 

“Asia Pasifik dominan jadi tujuan para TKI. Karena di sana juga banyak kerabat mereka,” ujarnya. 

Dijelaskannya penempatan TKI tahun ini masih pada sektor pertanian dan asisten rumah tangga (ART). Sebagian kecil pada sektor industri. Untuk tenaga pertanian banyak diminta negara Malaysia. Hongkong untuk ART dan Taiwan untuk pekerja pabrik. 

Ishaka menambahkan dari ABPD 2016 Disnakertrans tengah melaksanakan kegiatan sosialisasi Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 Tentang Penempatan dan Perlindungan TKI, yakni di Kecamatan Ambalawi pada Mei lalu dan di Kecamatan Monta yang diagendakan akhir Juli ini. 

Peserta yang diundang merupakan gabungan dari unsur dan lapisan masyarakat. Dalam kegiatan disampaikan juga persyaratan wajib bagi calon TKI dan tempat negara tujuan bekerja yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Ada dua paket program dari APBD. Kemarin sebelum puasa kita sudah melakukan sosialisasi di Kecamatan Ambalawi. Rencananya di Kecamatan Monta akhir Juli dengan mengundang masyarakat, kepala desa dan tokoh-tokoh lainnya. Sekitar 50 orang peserta,” pungkasnya. (ID) 

No comments