Breaking News

Peringati Hari Jadi 376 Bima, Pemkab Tonjolkan Nuansa Kebudayaan Daerah

Kasubag Informsi dan Pemberitaan Humas Protokol Kabupaten Bima, Suryadin, M.Si. Foto Hamid

Kota Bima, Berita11.com— Memeringati usia yang ke-376 Kabupaten Bima, Pemerintah Kabupatan Bima berencana menionjolkan nuansa kebudayaan daerah. Konsep itu berdasarkan hasil rapat bupati bersama seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) lingkup Pemkab Bima, Senin (11/07/2016) ini. 

Kasubag Informasi dan Pemberitaan Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Suryadin, M.Si mengatakan tahun ini perayaan hari jadi Bima dipusatkan di halaman persiapan kantor bupati di Dusun Godo Desa Pena Pali Kecamatan Woha Kabupaten Bima pada Rabu, 20 Juli 2016. 

“Insya Allah akan dilaksanakan di kantor Bupati yang baru. Jadi tahun ini kita berharap perayaan itu akan lebih kenuansa budaya. Misalnya ada pawai perempuan mengenakan rimpu dan laki-laki dengan cipulanta dan kambolo,” katanya kepada Berita11.com di Sekretariat Daerah Kabuapten Bima, Senin (11/7/2016). 

Selain itu, dosen Program Studi Ilmu Komunikasi ini menjelaskan pada acara tingkat kabupaten, apel peringatan akan diikuti oleh lima kecamatan sekitar lokasi. Yakni Kecamatan Woha, Belo, Palibelo, Monta dan Belo. Peserta diharapkan memberikan sentuhan budaya daerah. “Dengan mengedepankan nuansa budaya asli kita,” harap dia. 

peringatan hari jadi mengusung tema “Melalui Hari Jadi Bima yang ke-376 Kita Satukan Tekad untuk Membangun Bima Ramah”. Akan ada beberapa jenis kegiatan hingga tiba perayaan. Pemkab sedang mengumpulkan item kegiatan yang dirangkaikan dalam acara.

“Nanti kita lakukan rekapitulasi kegiatan untuk acara yang dirasa erat dengan tema. Seperti kegiatan olahraga, seni-budaya misalnya. Dalam waktu sebelum tanggal 20 nanti,” ujarnya.

Suryadin menambahkan saat rapat pembahasan agenda upacara hari jadi Kabupaten Bima, Sekda menyampaikan kepada peserta rapat agar mempersiapkan diri sesuai Tupoksi masing-masing sehingga acara berlangsung sukses dan lancar. “Misalnya Dinas PU melakukan penataan lokasi. Disbudpar memobilisasi masyarakat dan Dinas Dikpora mengarahkan siswa terlibat acara,” katanya. (ID) 

No comments