Breaking News

Pertahankan WTP, Pemkab Bima Minta Dukungan Legislatif

Penyerahan Laporan Banggar kepada Wabup Bima 

Bima, Berita11.com— Pemerintah Kabupaten Bima bertekad memertahankan predikat sistem pengelolaan keuangan terbaik Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diberikan lembaga auditur negara, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Untuk memastikan itu Wakil Bupati Bima Drs Dahlan M Noer miminta dukungan legislatif.

“Hasil Pemeriksaan BPK yang memberikan predikat WTP atas kinerja pengelolaan keuangan Tahun anggaran 2015 yang dilakukan bersama antara eksekutif dan legislatif, hendaknya menjadi motivasi untuk terus berupaya keras melakukan pembenahan pengelolaan keuangan,” katanya rapat paripurna ke-9 DPRD Kabupaten Bima tentang pendapat akhir kepala daerah atas laporan hasil pembahasan anggaran terhadap Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2015, Jumat (29/7/2016).

Menurut Dahlan, cita-cita pemerintah daerah untuk selalu memertahankan status WTP tak semudah membalik telapak tangan. Namun membutuhkan kesungguhanan, komitmen dan kerja keras dari pemerintah dan legislatif maupun seluruh komponen lain. Atas saran BPK pemerintah terus membenahi sistem pengelolaan keuangan, mulai dari aspek pengendalian internal, penganggaran, penatausahaan hingga pertanggungjawaban.

“Cita-cita tersebut tidak semudah membalik telapak tangan, namun membutuhkan kesungguhan, komitmen dan kerja keras baik eksekutif maupun legislatif maupun seluruh komponen,” katanya seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, M Chandra Kusuma AP.
Wabup Dahlan mengisyaratkan input dari pimpinan dan anggota DPRD akan menjadi perhatian serius dari pemerintah daerah dan akan menjadi rujukan untuk pembenahan pengelolaan keuangan tahun berikutnya.

Semangat pengelolaan keuangan semakin mendorong peran dan fungsi lebih besar bagi SKPD sehingga membutuhkan kerja keras dan dukungan SDM keuangan yang handal atau profesional dalam menerjemahkan sekaligus mampu menerapkan secara tepat dan benar berbagai perubahan peraturan yang terus mengalami penyempurnaan dari tahun ke tahun.

Saat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Bima, Hj Murni Suciaty, legislatif yang diwakili anggota DPRD, Yasin SPd.I menyampaikan sembilan catatan dan saran berkaitan pengelolaan keuangan daerah antara lain capaian PAD, pembangunan kantor bupati di Kecamatan Woha, kinerja pelayanan lampu penerangan jalan, koordinasi penyediaan bibit pertanian bagi petani dan  pemerataan pembangunan di seluruh kecamatan. (US)

No comments