Breaking News

Pilkades Sie dan Parangina Terancam Diundur

Sekretaris BPMDes Kabupaten Bima, H Gunawan HMS


Bima, Berita11.com— Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Sie Kecamatan Monta dan Desa Parangina Kecamatan Sape Kabupaten Bima teracam diundur. Karena hingga saat ini Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMDes) belum menerima daftar nama-nama calon Kades dari dua desa tersebut dari pihak panitia. 

“Yang jelas iya. Karena memang mereka (Desa Sie dan Desa Parangina) belum mengirimkan nama-nama calon yang ditetapkan oleh panitia Pilkades,” kata Sekretaris BPMDes Kabupaten Bima, Drs H. Gunawan HMS kepada Berita11.com di BPMDes, Senin (11/07/2016). 

Dia menjelaskan masalah di Desa Sie disebabkan adanya salahsatu kandidat yang tersandung persoalan hukum. BPMDes mengacu pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Sementara yang bersangkutan berpegangan pada Keputusan Mahkamah Konstitusi bernomor 42/PU-XIII/2015 yang memberikan kesempatan mantan nara pidana berpolitik. 

“Memang dia terkait dengan kasus masalah hukum. Oleh panitia di sana memang tidak diloloskan. Sementara yang bersangkutan ngotot. Karena memang sesuai Keputusan MK katanya. Nah, sementara Desa bersandar pada Undang-undang Desa Nomor 6 tahun 2014” Imbuhnya. 

Lain halnya dengan Desa Parangina. Salah satu bakal calon menganulir hasil penetapan seleksi calon Kades oleh panitia.


Menurut Gunawan sesuai regulasi jumlah maksimal calon Kades berjumlah lima orang. Jika Bakal calon lebih dari jumlah tersebut akan dirampingkan melalui seleksi tambahan. Namun hasil seleksi tidak dapat diterima. 

“Amanat Undang-undang itu kalau lebih dari lima orang balon. Diadakan seleksi hingga mendapat lima orang calon kepala desa. Tapi hasil tes dari panitia tidak bisa diterima,” katanya. 

Dari sisi pembiayaan kata dia, 58 desa penyelenggara Pilkades serentak 2016 telah menerima anggaran. Meski demikian, saat ini hanya 56 desa yang melangsungkan tahapan kampanye. 

Ia menambahkan, untuk logistik Pilkades telah didistribusikan ke tiap-tiap desa sehingga tinggal menunggu waktu pemungutan suara pada hari Sabtu tanggal 16 Juli nanti. “Anggarannya sudah semua untuk 58 desa. Kalau surat suara, kotak suara dan biliknya sudah kita kirim pada masing-masing desa. Masa tenangnya tiga hari sebelum pencoblosan tanggal 16 Juli,” pungkasnya. (ID) 


No comments