Breaking News

Wabup Dahlan Minta tak Ada Intimidasi Terhadap Guru

Wakil Bupati Bima, Drs Dahlan Menyampaikan Arahakan pada Guru dan Orangtua Siswa. Ist

Bima, Berita11.com— Wakil Bupati Bima Drs Dahlan M Noer memantau hari pertama pasca libur di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Bolo, sekaligus pembukaan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). Pada momen tersebut Wabup Dahlan meminta tak ada intimidasi terhadap guru, setiap orang harus membangun komunikasi.

“Hari ini merupakan hari pertama siswa diantar orang tua, dimana 385 siswa akan memasuki lingkungan baru di SMAN 1 Bolo. Untuk menciptakan lingkungan sekolah yang baik, maka perlu komunikasi yang baik antara orang jangan ada intimidasi pada guru,” kata Dahlan seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, M Chandra Kusuma AP, Senin (19/7/2016).

Menurut mantan pejabat di Kementerian ini, perlu ada komunikasi yang baik dan intensif antara orangtua siswa dan guru agar  tidak menimbulkan rasa segan dalam berinteraksi. “Oleh karena itu, orang tua dan guru diminta untuk saling menjaga komunikasi yang baik dan jangan ada intimidasi pada guru,” harapnya.

Para guru juga diminta untuk tidak melakukan tindak kekerasan terhadap siswa. Namun menyayangi  dan menjalin komunikasi yang baik dengan peserta didik. Di tengah tantangan global yang cenderung menyeret moral pelajar sebagai generasi bangsa, diperlukan pendidikan karakter.
“Penting untuk diketahui bahwa pendidikan karakter memerlukan keteladanan. Mari bersama-sama menjauhi dan menangkal hal-hal negarif,” ajak Dahlan.

Wabup Dahlan menegaskan membangun karakter siswa bukan hanya tanggungjawab guru dan sekolah, namun juga jawab orangtua. Mulai sekarang guru dan orangtua harus membangun karakter siswa. Hal terpenting guru harus memiliki banyak kecakapan (multi talent).
“Guru tidak hanya menguasai bahasa Indonesia, tapi juga perlu menguasai bahasa asing seperti Bahasa Inggris, Arab bahkan bahasa Cina,” tandas Wabup.

Saat pembukaan PLS bagi siswa baru SMAN 1 Bolo tahun pelajaran 2016/2017  Wabup Dahlan didampingi Kadis Dikpora Kabupaten Bima Tajudin, SH. M.Si, Kepala BKD Kabupaten Bima H. M. Antonius, S.STP, Kepala Sekolah SMAN 1 Saidin, S.Pd, M.Pd dan Muspika Kecamatan Bolo.

Setelah menyampaikan pengarahan kepada para orangtua dan siswa baru, Wabup Dahlan menyaksikan penanda tanganan naskah akademik antara orangtua siswa dengan manajemen SMAN 1 Bolo. Wabup dan rombongan kemudian meninjau ruang kelas baru dan menggunting pita sebagai tanda peresmian penggunaan perpustakaan SMAN 1 Bolo. (AN) 

No comments