Breaking News

11 Siswa SDN Inpres Nggeru Pemegang KIP

Kepala SDN Nggeru Kecamatan Bolo, Idham Khalik. Foto Hamid Berita11.com

Bima, Berita11.com— Distribusi Program Indonesia Pintar (PIP) menjangkau hingga sejumlah wilayah di Indonesia termasuk sejumlah sekolah di Kabupaten Bima. Salahsatunya Sekolah Dasar Negeri (SDN) Inpres Nggeru Kecamatan Bolo. Di sekolah setempat siswa pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebanyak 11 orang.

Kepala SDN Inpres Nggeru Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, Idham Khalik S.Pd menyebutkan  11 siswa pemegang KIP merupakan separuh dari usulan sekolah setempat sebanyak 21 siswa. 

“Kemarin yang kita usulkan 21 orang. Cuma hanya 11 anak saja yang dapat,” jelasnya kepada Berita11.com di sekolah setempat, kemarin. 

Ia mengatakan, daftar nama-nama yang dikirim merupakan keluarga kategori penyandang masalah kesejahteraan. Mereka sudah diverifikasi pihaknya melalui kepemilikan Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS) serta dinilai layak menperoleh KIS. 

“KIS kan hanya penyempurnaan BSM. Orang tua anak-anak itu sebelumnya sudah pegang KKS,” ujarnya. 

Selanjutnya, kata dia siswa pemegang KIP akan menerima bantuan uang tunai. Jumlah bantuan yang diterima sebesar Rp225 ribu per semester atau enam bulan sekali yang dibelanjakan sesuai peruntukan. 

“Jadi nanti siswa gunakan untuk keperluan sekolahnya saja. Tidak untuk yang lain,” imbuhnya. 

Sementara itu pada tahun ajaran 2016-2017, SDN Inpres Nggeru hanya mendapat penambahan 10 siswa baru. Sebab, banyak anak yang belum cukup umur. Meski begitu,  akan ada penambahan dari siswa Taman Kanak-kanak (TK) sekolah setempat. 

“Siswanya sedikit tahun ini. Hanya 10 orang. Karena faktor umur tidak bisa kita paksakan. Tapi 20 anak sudah masuk TK. Kita tunggu mereka  tamat atau usianya cukup baru bisa masuk SD,” katanya. (ID) 

No comments